cahUnnes.com – Bagaimana liburan kamu? Maaf bukan bermaksud untuk mengganggu, tapi cuma sekedar mengingatkan bahwa UAS sebentar lagi. Hidup menjadi mahasiswa memang tidak selamanya berisi kesenangan. Terkadang rasa stres kerap menghantui dalam berbagai macam kesempatan. Bisa dibilang seperti sekarang – sekarang ini. Hehe..

Nih, kita punya beberapa tips untuk menghindari rasa stres yang datang dan menghampiri para mahasiswa. Salah satunya ketika mendekati masa UAS.

Hindari orang stres
Sebenarnya, stres itu menular. Jadi, selama minggu UTS, UAS, atau menjelang sidang hindari belajar dengan teman-teman yang super tegang seperti Kamu. Karena, bisa jadi stres yang mereka miliki dapat tertular ke Kamu dengan mudah.

Makan makanan sehat dan olahraga
Mungkin terdengar aneh dan tidak masuk akal, maka tidak heran jika banyak mahasiswa yang menganggapnya remeh. Daripada mengonsumsi gula, makanlah makanan yang sehat seperti sayur, buah, dan sereal untuk menjaga gula darah Kamu tetap stabil. Jika Kamu belajar dalam jangka waktu lama jangan lupa untuk mengonsumsi protein. Selain itu, lakukan beberapa olahraga sederhana dalam waktu yang singkat. Walaupun hanya berjalan selama 10 menit, efeknya akan membuat Kamu lebih tenang dan fokus dalam belajar.

Katakan “tidak”
Bukan hanya kepada obat-obatan terlarang, tapi Kamu juga harus berani mengatakan tidak kepada mereka yang ingin “mengambil” waktu belajar Kamu. Tahan godaan untuk mendengarkan curhatan teman selama berjam-jam atau nongkrong bersama teman-teman sepulang kuliah hingga larut malam sampai minggu UTS, UAS, atau sidang berlalu. Katakan tidak untuk semua gangguan dan jadilah egois untuk satu hari. Kamu menginginkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang baik bukan?

Paksakan diri untuk beristirahat
Setiap satu jam belajar, istirahatlah selama 10-15 menit untuk melakukan apa pun yang Kamu inginkan seperti mengecek Facebook, membalas tweet teman di Twitter, atau ngobrol lewat Blackberry Messanger (BBM). Setelah istirahat, mulailah untuk belajar kembali. Istirahat singkat ini akan membantu otak Kamu rehat sejenak serta membuat Kamu lebih fokus dalam belajar bab baru.

Visualisasikan semua berjalan lancar
Bayangkan Kamu sedang mengerjakan UTS atau UAS, maupun menghadapi sidang dan merasa percaya diri telah memahami semua materi dengan baik. Bayangkan Kamu dapat menjawab semua pertanyaan dengan benar dan fokus bagaimana Kamu merasa sangat rileks. Kemudian, bayangkan pula nilai A yang diberikan dalam skripsi maupun UAS Kamu. Karena ketika Kamu membayangkan akhir yang bahagia, sering kali itulah yang terjadi. Sebab, tanpa disadari Kamulah yang membuat keputusan atas tindak yang mengarah pada happy ending tersebut.

Jika telah mempelajari semua yang Kamu bisa, maka percaya dirilah!
Ketika waktu ujian tiba, inilah saat Kamu harus memiliki rasa percaya diri. Jika Kamu telah mempersiapkan diri sebaik mungkin maka sekarang saatnya Kamu menghadapi ujian atau sidang itu. Lakukan apa pun yang dapat membuat Kamu yakin dapat melakukan hal tersebut dan semuanya akan berjalan lancar.

LEAVE A REPLY