cahUnnes.com – Sebuah penelitian baru – baru ini mengungkapkan bahwa tingkat protein dalam otak bisa berubah apabila mengonsumsi terlalu banyak gula pada minuman bersoda atau softdrink. Riset yang dilakukan pada tikus tersebut juga berbahaya apabila soda dikonsumsi oleh manusia secara berlebihan.

Peneliti di Macquarie University di Sidney Jane Franklin memberikan peringatan kepada masyarat yang berlebihan dalam mengkonsumsi minuman gula. Ia menghimbau, minuman jenis ini disarankan untuk dikonsumsi seperlunya saja (Sesekali).

“Jika anda haus, minumlah air. Soft drink bisa dinikmati, namun jangan berlebihan,” ungkapnya. Ia menambahkan, minum terlalu banyak minuman ringan dapat mempengaruhi kimia otak serta pinggang pada manusia.

Perlu diketahui penelitian yang memfokuskan pada efek otak ketimbang keseluruhan tubuh itu dilakukan oleh Jane Franklin dengan melibatkan tikus yang dicekoki air gula.

Seperti yang dilansir oleh Telegraph pada Jumat (15/11) bahwa meminum minuman manis selama periode panjang tertentu bisa mengarah pada hiperaktifitas dan mengubah ratusan protein dalam otak. Minuman soda berdasarkan penelitian juga bisa meningkatkan risiko sakit jantung, diabetes, peningkatan berat badan, kanker prostat, kelemahan otot dan penyakit lainnya.

Penelitian oleh ilmuwan Swedia tahun lalu juga menemukan bahwa minum hanya satu gelas soda sehari bisa meningkatkan kesempatan seseorang mengembangkan kanker prostat sekitar 40 persen. (IBALH/Telegraph)

LEAVE A REPLY