SEMARANG, cahUnnes.com – Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) kampus Sekaran masih bisa bernapas lega, pasalnya Kecamatan Gunungpati dalam catatan Dinas Kesehatan Kota Semarang masuk dalam peringkat tiga terendah wabah Demam Berdarah Dengue. Gunungpati ditemani oleh kecamatan Semarang Tengah dan Kecamatan Genuk.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang dr. Widoyono Kecamatan Gunungpati memiliki kepadatan yang cukup rendah dibanding Tembalang, Banyumanik dan Candisari.

“Tingkat kepadatannya sekitar 90.000 penduduk. mobilitas dan jumlah penduduk sangat mempengaruhi” kata  Widoyono. Senin (15/06)

Hampir Selama 20 tahun Kecamatan Gunungpati korban penyakit DBD sangat rendah. Bahkan tempat perindukan nyamuknya lebih sedikit.

Meski dalam kondisi rendah, tidak menutup kemungkinan angka penyakit yang disebabkan nyamuk aides aygepty ini akan meningkat.

“Jika penduduk setempat tidak memperhatikan lingkungan dan perilakunya tidak berubah akan berpotensi besar” tutur Widoyono.

Perilaku 3 M harus dilestarikan, yakni Menguras, Menutup dan Membuang. Selain itu juga mahasiswa harus memperhatikan pakaian-pakaian di kamar kos yang menggantung dibalik pintu.

(Yuni)

LEAVE A REPLY