cahUnnes.com – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu ujung tombak pertumbuhan perekonomian Indonesia. Modal bagi UMKM bukanlah satu – satunya kendala terbesar bagi gerak pertumbuhan ekonomi kreatif. Kebanyakan pelaku UMKM berhadapan dengan permasalahan pemasaran produk. UMKM kalah bersaing dengan produk – produk industri besar yang mapan dalam pembiayaan dan mapan dalam strategi pemasaran.

Berdasarkan kegelisahan itu, mahasiswa angkatan 2011 Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Negeri Semarang menggelar pameran “Pasar Branding” di Wisma Perdamaian Semarang, 14-15 Maret 2014. Dalam pameran itu ditampilkan karya – karya produk yang telah dibranding dari 38 mahasiswa Jurusan DKV Unnes.

UMKM Jawa Tengah dipilih sebagai klien antara lain untuk mengasah kepekaan mahasiswa dalam pengembangan konsep media komunikasi visual. Sehingga diharapkan karya komunikasi visual yang telah dirancang tidak berhenti pada persoalan estetis semata, namun juga keefektifan dalam memposisikan produk yang dihasilkan UMKM.

“Setiap UMKM memiliki segmentasi pasar yang unik dan berbeda. Oleh karena itu mahasiswa harus memahami betul rancangan medianya nanti ditujukan untuk siapa, dan itu tidak bisa dicapai jika mahasiswa tidak melakukan riset mendalam mengenai UMKM yang dijadikan sebagai klien.” terang pembimbing mata kuliah DKV 5 Unnes Rahina Nugrahani (14/5).

Ketua Panitia Pasar Branding, Haidar Al Bahtiar berharap karya yang telah dibuat bisa memberikan kebermanfaatan yang besar bagi UMKM. “Pasar Branding ini adalah kontribusi keilmuan kami untuk UMKM, dan semoga karya kami bisa bermanfaat bagi UMKM.” ungkap Haidir.

Dari pihak lain, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah, Ir Sujarwanto mengatakan pengemasan dan branding bisa meningkatkan penjualan sebuah produk hingga 30 persen. Sebab, tampilan kemasan yang bagus bisa menarik konsumen untuk melirik dan membelinya.

“Banyak pengusaha kecil dan UMKM kesulitan dalam penjualan produknya. Jadi peluang membuka jasa branding sebuah produk ini bisa menjadi lahan yang potensial.” ujarnya.

Rangkaian kegiatan Pasar Branding ini tidak hanya menampilkan karya – karya desain komunikasi visual saja, sebagai salah satu rangkaian kegiatan juga diselenggarakan seminar bertajuk How to Sell Your Brand yang ditujukan kepada pelaku UMKM dan juga para entrepreneur muda yang baru saja memulai usahanya. Karya komunikasi visual yang dipamerkan meliputi desain label dan kemasan, desain POP, Booth dan merchandise yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan kapabilitas UMKM.

(IBALH)

LEAVE A REPLY