cahUnnes.com – Untuk menjadi pengusaha saat mahasiswa terkadang terkendala dengan modal yang sangat cekak. Tidak jarang dengan alasan itu, banyak mahasiswa mengurungkan dirinya untuk menjadi pengusaha lebih dini.

Namun, sekarang hal itu bukan menjadi alasan lagi. Sebab, Universitas Negeri Semarang melalui Unnes Student Entrepreneurship Center (Unsec) memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan kewirausahaan melalui Program Mahasiswa Wirausaha (PMW).

“Program ini diluncurkan untuk memberikan bekal pengetahuan, ketrampilan, dan jiwa wirausaha berbasis ilmu pengetahuan teknologi dan seni (IPTEKS) kepada para mahasiswa agar menjadi pengusaha yang tangguh dan sukses menghadapi persaingan global.” ujar Ketua Unsec Rina Rachmawati MM seperti dilansir Unnes.ac.id.

Bidang yang akan didanai yakni bidang industri kreatif (robotik, TV Kampus, kultur jaringan, design grafis dan bidang-bidang kreatif lainnya yang sesuai dengan kompetensi keilmuan), industri pendidikan (alat peraga, media pembelajaran interaktif), teknologi informasi dan komunikasi (Software, e-commerce), boga/kuliner inovatif, dan perdagangan serta jasa.

“PMW ini merupakan kelanjutan dari program-program sebelumnya seperti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Cooperative Education Program (Co-op), dan kewirausahaan untuk menjembatani para mahasiswa memasuki dunia bisnis riil melalui fasilitasi start-up bussines,” tambah Rina.

Adapun untuk pendaftarannya dibuka sejak 17 Februari 2014. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman http://unsec.unnes.ac.id dan pengumpulan proposal business plan masih dibuka hingga 25 Maret 2014 mendatang.

(Imam)

LEAVE A REPLY