SEMARANG, cahUnnes.com – Setelah dua tahun lalu ditetapkan sebagai pilot project green campus di Indonesia, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surarakarta diganjar penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya beberapa waktu lalu.

UNS mendapat penghargaan sebagai kampus berwawasan lingkungan setelah UNS dianggap sebagai universitas paling maju dalam mewujudkan green campus. Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan bersamaan dengan acara Hari Menanam Pohon Nasional (HMPN) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) 2014 di Desa Tempursari, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Rektor UNS Prof Ravik Karsidi mengatakan beberapa alasan mendapat penghargaan diantaranya karena pedestrian atau lingkungan yang mengitari kampus mendapat apresiasi dari pihak kemeterian. Selain itu UNS juga sudah menyusun Amdal kawasan.

“Bahkan saat ini Renstra pengembangan Green Campus juga sedang dibahas di Senat,” tandasnya, Selasa (2/12/2014) dilansir situs Okezone.com.

Ravik menjelaskan program green campus lainnya adalah pembangunan waduk penampungan air disekitar kampus, yang nantinya akan bermuara di depan dan samping kampus UNS. Selain itu, Ravik mengaku UNS kini juga mampu melakukan penghematan listrik.

“UNS juga mampu melakukan penghematan energi yang semula dari lampu listrik menjadi lampu LED,” terangnya.

Perlu diketahui bersama, sejak dua tahun lalu UNS bersama empat perguruan tinggi lainnya di Indonesia telah ditetapkan sebagai pilot project green campus. Kampus lainnya adalah Universitas Patimura, Cendrawasih, Mataram dan Hasanudin. (IBALH)

1 KOMENTAR

  1. Unnes yang selalu mengagungkan “Kampus Konservasi” malah kalah dan ternyata tidak masuk juga dalam “pilot project green campus” bagaimana ini ??

LEAVE A REPLY