cahUnnes.com – Webometrics baru saja melansir pemeringkatan sekitar lebih dari 22.000 wesbite universitas di seluruh dunia. Dalam pemeringkatan itu Unnes meraih peringkat 19 nasional (Indonesia) atau peringkat 1871 dunia.

Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meraih peringkat terbaik di Indonesia  disusul oleh Intitut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Indonesia (UI). Adapun peringkat perguruan tinggi terbaik swasta diduduki oleh Universitas Gunadarma yang berhasil meraih peringkat 10 nasional.

Pemeringkatan webometrics bertujuan untuk menakar aksesibilitas dan komitmen website perguruan tinggi secara online dan real time. Selain itu untuk mengukur komitmen perguruan tinggi untuk mempublikasikan karya – karya ilmiahnya di dunia maya.

Kriteria yang menjadi indikator utama dari penilaian Webometrics antara lain : Presence (20%), Impact (50%), Opennes (15%), dan Excellence (15%). Parameter Excellence merupakan jumlah artikel – artikel ilmiah publikasi dan jumlah sitasi perguruan tinggi yang bersangkutan di jurnal – jurnal internasional yang terindeks di Schimago Institution Rangking (2004-2012) dan di Google Scholar (tahun 2008-2012).

Presence adalah jumlah halaman website (html) dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari (Google), tidak termasukrich files. Impact merupakan jumlah eksternal link yang unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web universitas (inlinks) terindeks di mesin pencari yang tertangkap di Majestic SEO dan Ahref. Opennes merupakan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang online/open di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google Scholar).

Berikut kami tampilkan 10 besar nasional pemeringkatan website versi Webometrics :
1. Universitas Gadjah Mada (598)
2. Institut Teknologi Bandung (636)
3. Universitas Indonesia (696)
4. Universitas Airlangga (1013)
5. Universitas Padjadjaran (1036)
6. Universitas Brawijaya (1052)
7. Universitas Diponegoro (1088)
8. Institut Pertanian Bogor (1156)
9. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (1228)
10. Universitas Gunadarma (1302)
——————
19. Universitas Negeri Semarang (1871)

Untuk melihat pemeringkatan lebih lengkap silakan kunjungi http://www.webometrics.info/en/Asia/Indonesia

(IBALH)

LEAVE A REPLY