SEMARANG, cahUnnes.com – Universitas Negeri Semarang (Unnes) menduduki peringkat ke-7 Jumlah terbanyak Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) didanai Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) tahun anggaran 2015. Total ada 260 PKM dari Mahasiswa Unnes yang programnya dinyatakan layak untuk didanai.

Universitas Brawijaya (UB) Malang menjadi kampus dengan jumlah PKM terbanyak didanai Dikti. Total 468 PKM dinyatakan lolos dari Kampus di Kota berhawa sejuk itu. Selanjutnya secara berturut – turut disusul Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (Undip), Institut Pertanian Bogor(IPB), Universitas Air Langga, Unnes, Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Andalas (Unand) dan Universitas Malang (UM).

Dari 10 besar jumlah terbanyak PKM didanai Dikti, perguruan tinggi di pulau Jawa berhasil mendominasi. Total 9 perguran tinggi dari pulau jawa dan 1 dari pulau Sumatera.

5 Bidang yang disediakan dalam program tahunan ini diantaranya PKM Karsa Cipta, Mahasiswa ditantang untuk membuat sebuah karya baru, orisinal dari ide dan inovasi mahasiswa. PKM Penelitian, menguji mahasiswa dalam meneliti sebuah kasus eksakta maupun humaniora. PKM Kewirausahaan, memberikan modal kepada mahasiswa untuk mengembangkan usaha kecil secara mandiri.

Dalam keberjalanan pelaksanaan program, peserta yang dinyatakan layak dan berhasil menjalankan program yang diajukan secara baik, berhak untuk mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas).

Pimnas tahun ini dilaksanakan di Universitas Halu Oleo Kendari.

Berikut kami sajikan 10 besar perguruan tinggi jumlah PKM terbanyak didanai Dikti :

1. UB (469 PKM)

2. ITS (467 PKM)

3. UGM (435 PKM)

4. Undip (322 PKM)

5. IPB (293 PKM)

6. Unair (277 PKM)

7. Unnes (260 PKM)

8. Unpad (218 PKM)

9. Unand (210 PKM)

10. UM (192)

Sumber data : Litbang cahUnnes.com

(IBALH)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY