Peserta Pimnas tahun lalu yang mengembangkan teater kuda lumping

cahUnnes.com– Dalam sepekan ke depan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2013 akan digelar di Universitas Mataram NTT. Universitas Negeri Semarang (Unnes) optimistis mahasiswanya akan berjaya pada kompetisi yang diselenggarakan berkala oleh Dirjen Dikti ini.

Bahkan, Unnes menargetkan akan dapat menembus tiga besar pada Pimnas 2013 yang akan berlangsung mulai 9 September hingga 13 September mendatang. Target itu menyusul lantaran banyaknya Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang lolos. Tercatat sebanyak 76 mahasiswa dari 19 tim PKM Unnes dinyatakan lolos mengikuti Pimnas 2013.

Peserta Pimnas tahun lalu yang mengembangkan teater kuda lumping
Peserta Pimnas tahun lalu yang mengembangkan teater kuda lumping

Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Masrukhi mengungkapkan, agar bisa menembus tiga besar tim Unnes akan bersaing dengan tim dari berbagai universitas besar lain. “Di Pimnas Unnes sudah dikelompokkan sebagai perguruan tinggi kelas pertama bersama perguruan tinggi besar lain di tanah air. Oleh karena itu, kompetisi ini saya kira akan berjalan ketat. Namun, peluang kami masih cukup besar untuk masuk tiga besar,” ungkapnya, kemarin.

Menurutnya, tim Unnes memiliki rekam jejak cukup bagus selama mengikuti Pimnas. Dalam Pimnas 2011 di Makassar, tim Unnes masuk tiga besar bersama Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Adapun pada Pimnas 2005 di Padang tim Unnes kembali masuk tiga besar bersama Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM). “Kami mohon restu dan doa dari civitas akademika Unnes agar tim bisa berkompetisi dengan baik dan berhasil meraih hasil terbaik,” ucap Prof Masrukhi.

Yang pasti selama mengikuti pelatihan intensif, tim Pimnas Unnes mendapat berbagai pelatihan, mulai dari cara presentasi, mendesain media presentasi, hingga mendesain poster. Ketua Tim Pembina PKM Unnes, Tommy Yuniawan mengatakan setelah mengikuti pelatihan ini tim sudah siap berlaga dengan penuh percaya diri.

“Kami bekali dengan berbagai keterampilan, mulai dari cara presentasi yang baik, mendesain media presentasi dengan power point, sampai mendesain poster. Di luar hal teknis itu, persoalan mental dan kepercayaan diri sangat penting,” katanya.

Sumber berita: Sindo │ Sumber gambar : google

LEAVE A REPLY