cahUnnes.com – Universitas Negeri Semarang (Unnes) menjalin kerjasama dengan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengembangan ilmu pengetahuan serta teknologi nuklir sesuai dengan fungsi dan wewenang masing – masing beberapa waktu yang lalu.

Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman dan Kepala Pusat Sains dan Kepala Pusat Sains dan Teknologi Akselerator Dr Susilo Widodo MEng melakukan penandatangan nota kesepahaman di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Kampus Unnes Sekaran.

Kerja sama ini kemudian dilanjutkan dengan kesepakata memorandum of agreement (MoA) antara Pusat Sains dan Teknologi Akselerator Batan dan FMIPA Unnes tentang Pengembangan Teknologi Aplikasi Boron Neutron Capture Center Therapy dengan Compact Neutron Generator. MoA ditandatangani Kepala Pusat Sains dan Teknologi Akselerator Dr Susilo Widodo MEng dan Dekan FMIPA Prof Wiyanto.

“Ruang lingkung kerjasama ini antara lain pengembangan fisika medis, khususnya eksperimental set-up uji in vitro in vivo serta optimasi doses pada BNCT”, terang Wiyanto.

Wiyanto menambahkan perjanjian ini akan berlangsung mulai ditandatanganinya MoA sampai dengan tiga tahun ke depan. Menurutnya, kerjasama ini dapat diperpanjang sampai batas yang disepakati oleh kedua belah pihak, jika memang disepakati.

Rektor Unnes berharap kerjasama ini dapat menumbuhkan tingkat ilmu pengetahuan dan kualitas sumber daya manusia di Unnes. “Harapannya dengan kerjasama ini akan melahirkan mahasiswa kreatif yang dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dan sumber daya manusia di Unnes.” ujarnya.

(IBALH/Unnes/SM)

LEAVE A REPLY