Penutupan Pimnas ke-XXVI di Universitas Mataram (doc cahUnnes)

cahUnnes.com- Kontingen Unnes di PIMNAS XXVI Mataram gagal menembus tiga besar seperti apa yang telah dicanangkan sebelumnya. Gelar Adhikarta Kertawidya beralih tangan dari UB ke juara baru, yaitu Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Dalam acara penutupan yang diselenggarakan di halaman Rektorat Universitas Mataram pada Kamis (12/9), para kontingen dari masing – masing perguruan tinggi membentuk pola lingkaran mengelilingi panggung sambil meneriakkan yel-yel jargonnya.

Prof. Ir. H. Sunarpi, PhD dalam sambutannya menyampaikan bahwa kedepannya para peserta PIMNAS XXVI untuk saling menjaga silaturrahmi agar bisa saling bahu membahu membangun negeri ini, karena nasib bangsa berada di pundak mahasiswa.

CahUnnes[dot]com Jawara PIMNAS
Kemeriahan suasana malam penutupan dan pengumuman PIMNAS XXVI di Lapangan Rektorat Universitas Mataram

Suasana semakin menegangkan ketika pengumuman akan dibacakan oleh perwakilan dari DIKTI. Untuk meredakan ketegangan yel-yel pun mulai menggema dari masing – masing kontingen yang mewakili universitasnya. Suasana semakin riuh saat pegumuman pemenang mulai dibacakan pada setiap kategorinya. Spontanitas tim yang namanya masuk juara pun sangat menarik dan variatif. Setelah pemenang dari masing – masing kategori dibacakan maka hasil rekapitulasi medali dapat disimpulkan bahwa ITS menjadi juara PIMNAS XXVI dengan raihan 8 emas 2 perak dan 3 perunggu. Sedangkan perolehan ITS dalam poster adalah 3 emas, 3 perak dan 4 perunggu.

Secara terpisah, seperti yang termuat di Republika Online, Kepala Informasi dan Humas Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Dr. MG Bagus Ani Putra mengatakan Unair meraih juara kedua dengan perolehan 6 emas, 2 perak dan 2 perunggu.

Adapun juara ketiga ditempati oleh UGM Yogyakarta.

Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang mendelagasikan 19 tim pada PIMNAS XXVI kali ini, terpaksa gigit jari, karena Unnes hanya menduduki peringkat ke – 10 setelah Universitas Sriwijaya, Indralaya, Sumatera Selatan. Adapun torehan prestasi yang telah dihasilkan oleh Unnes pada PIMNAS XXVI adalah 1 Emas, 2 Perak dan 1 Perunggu.

Dalam malam puncak penutupan dan penganugerahan juara PIMNAS XXVI ini juga disampaikan bahwa calon tuan rumah PIMNAS XXVII adalah antara Universitas Diponergoro Semarang dan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung. Sampai jumpa kembali di PIMNAS yang akan datang. Kita pasti bisa jadi juara. (IBALH)

LEAVE A REPLY