cahUnnes.com – Berdasarkan rilis rangking Greenmatric 2013, Universitas Negeri Semarang hanya berhasil menduduki rangking ke-48 Dunia. Adapun pada rangking nasional Unnes menduduki peringkat ke-4 Indonesia setelah Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor dan Universitas Diponegoro.

Dalam Greenmatric pemeringkatan rangking berdasarkan beberapa kategori. Pertama adalah setting dan infrastruktur dimana sebuah kampus yang dianggap Green adalah kampus yang memiliki bangunan berwawasan lingkungan dengan memperhatikan rasio bangunan dan ruang terbuka, serta ada pengolahan limbah pada laboratorium kampus dan pemanfaatan energi baru dan terbarukan.

Kategori penetapan rangking juga meliputi “Waste and Water”, dimana kampus mempunyai tempat pengolahan sampah yang meliputi 3 R yaitu reduce, reuse dan recycle. Adapun untuk Water, yaitu dimana kampus memiliki perhatian dan upaya dalam masalah drainase, seperti membuat sumur resapan dan biopori.

Kategori penilaian selanjutnya adlaah Transportasi Kampus, yaitu adanya transportasi dalam kampus serta penggunaan sepeda, shelter sepeda, dan penyediaan jalur sepeda bagi pengendara sepeda.

Dan, kategori penilaian terakhir adalah dibidang edukasi, yaitu sejauh mana kampus menerapkan materi tentang lingkungan pada kurikulum ajarannya.

Sudah selayaknya Unnes yang telah mendeklarasikan diri sebagai Universitas Konservasi berbenah untuk menjadi lebih baik lagi.

(IBALH)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY