cahUnnes – Tujuh anggota mahasiswa pencinta alam (Mahapala) Universitas Negeri Semarang (Unnes) lulus sertifikasi selam jenjang A1 dari Persatuan olahraga selam seluruh Indonesia (POSSI) Jawa Tengah.

Mereka yakni Dwi Anggoro Saputro, Muhammad Syaefudin, Suparjo Rustam, Agus Salim, Nur Sari, Salma Latifa Dinar, dan Istiqomah.
“Orang yang memiliki Sertifikat selam jenjang A1, diijinkan menyelam dilingkungan terbatas dengan kondisi perairan baik, jernih, dan tidak terlalu dalam (maksimal 9 meter) dan diawasi oleh instruktur selam yang berpengalaman” kata Budi Haryono Instruktur POSSI Jawa Tengah.

Budi Haryono juga mengemukakan, untukcom – memperoleh sertifikat selam A1 harus melalui pelatihan selama 6 hari yaitu Latihan Kecakapan Kolam (LKK), fin Swimming (renang menggunakan alat selam), latihan memakai alat SCUBA (self contained under water breathing apparatus) yaitu menggunaan alat pernapasan bebas (tabung oksigen) di bawah air dalam waktu lama, Pengetahuan Akademis Penyelaman (PAP), dan Latihan Perairan Terbuka (LPT).

Muhammad Syaefudin seksi Pengembangan Sumber Daya Anggota (PSDA) Mahapala Unnes menyampaikan, kegiatan dilaksanakan (24-29/10) di kolam renang Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), kolam renang kodam, dan untuk penyelaman di pulau Karimunjawa tepatnya di pulau Burung dan Menjangan Kecil.

Kibarkan di dalam laut
Bertepatan dengan hari sumpah pemuda tanggal 28 Oktober, peserta mengibarkan bendera Unnes, bendera Indonesia, dan bendera Mahapala di dasar laut pulau Karimunjawa. Ini sebagai bentuk mempraktekkan penyelaman sekaligus memperingati sumpah pemuda, Muhammad Syaefudin.

Sumber : Unnes.ac.id

LEAVE A REPLY