UKKI Unnes - OKPTHari pertama menjalani dunia perkuliahan dan hari pertama menjadi mahasiswa bisa membuat berbagai macam suasana hati, salah satunya adalah kebingungan. Kebingungan akan terjadi jika mahasiswa baru tidak mengenal kampusnya. Kebingungan dengan apa yang harus dilakukan juga menjadi suatu kendala saat hari pertama kuliah. Tapi semua kebingungan tersebut bisa diatasi dengan beberapa hal ini:

1. Jadwal

Catatlah jadwal perkuliahan lengkap dengan jam dimulai, berapa SKS mata kuliah tersebut, nama dosennya dan yang terpenting nama ruangan kelas mata kuliah tersebut. Selain jadwal kuliah, catat juga silabus tiap mata kuliah lengkap dengan tugas mingguan dan tenggat waktunya. Di kampus, para dosen tidak akan selalu mengingatkan tugas apa minggu ini. Mereka akan mengharapkan kita selalu siap dalam mengerjakan tugas dan mengumpulkan tepat waktu.

2. Jangan malas

Penyakit yang satu ini sering melanda jika sudah banyak tugas yang mendekati tenggat waktu dan padatnya jadwal kuliah serta kegiatan-kegiatan organisasi. Tapi tugas utama mahasiswa adalah belajar. Jadi jangan malas untuk pergi kuliah. Banyak kampus yang menerapkan sistem 3 kali tidak masuk disuatu mata kuliah, mahasiswa tidak bisa mengikuti ujian akhir semester. Keadaan tersebut membuat mahasiswa tidak bisa lulus di mata kuliah tersebut. Malas akan merugikan mahasiswa itu sendiri.

3. Pahami sistem

Kuliah dan SMA menggunakan sistem belajar yang berbeda. Di dunia perkuliahan, mahasiswa dituntut aktif dalam kegiatan belajar-mengajar. Pahami sistem SKS, sistem penilaian dengan IPK dan sistem jam perkuliahan. Dengan memahami sistem pendidikan ini, mahasiswa baru tidak akan kelabakan dengan perubahan iklam belajar tersebut.

4. Belajar

Dengan sistem belajar mandiri, mahasiswa juga dituntut aktif belajar sendiri diluar jam perkuliahan. Dengan banyak membaca buku dan jurnal penelitian, mahasiswa bisa dengan mudah mengikuti jalannya perkuliahan. Membaca buku dan jurnal penelitian bisa dari sumber cetak maupun sumber online. Dengan banyak membaca, tugas yang diberikan dosen bisa dikerjakan dengan lebih sempurna.

5. Membina hubungan

Berhubungan baik dengan dosen bukan berarti menjadi penjilat. Dalam banyak kasus jika dosen lebih mengenal mahasiswanya, mahasiswa tersebut mempunyai kesempatan yang lebih besar dalam mengembangkan diri misalnya mahasiswa tersebut berkesempatan bergabung dalam proyek dosen. Membina hubungan dengan senior juga membantu melancarkan kuliah. Pengalaman senior selama kuliah bisa menjadi pedoman mahasiswa baru dalam mengambil mata kuliah atau hanya sekedar mengerjakan tugas.

6. Berteman dengan sekitar

Memasuki dunia perkuliahan berarti juga memasuki kesempatan besar dalam menjalin pertemanan dengan banyak orang. Berkenalan dan bertemanlah dengan orang-orang baru. Apalagi jika di Tembalang ini sebagai pendatang, teman-teman inilah yang akan menjadi pelipur lara jika sedang kangen rumah. Kesempatan dalam mendapatkan pekerjaan juga banyak didapat dari teman-teman. Selain itu juga jangan hanya berteman dengan satu angkatan atau satu jurusan saja, berusahalah mengeksplore dengan teman-teman jurusan atau fakultas lain. Dengan begitu wawasan anda lebih terbuka.

7. Menjelajah

Kalau bosan di kos jangan dulu lari ke mal. Mari menjelajah daerah-daerah kos terlebih dahulu. Cari warung makan yang dekat dengan kos atau sekedar tempat laundry. Lalu menjelajah dengan teman-teman, Semarang menawarkan banyak sekali tujuan wisata asik yang murah. Selain bosan hilang, pengetahuan akan wilayah Semarang menjadi semakin baik.

8. Organisasi Kampus

Di Undip, kalian akan banyak menemukan organisasi-organisasi kampus yang spesialisasi di masing-masing bidang nya. Misalnya ada UKM Insani Undip (rohis), UKM Kesemat (Peduli Mangrove), UKM KSR (PMR nya Undip), UKM PSM (paduan Suara) dll. Cobalah untuk mengeksplore masing-masing, agar kalian bisa bergabung di salah satunya. Bergabung dengan organisasi kampus penting agar kalian tidak menjadi mahasiswa yang kuper, kurang wawasan, dan minim jaringan. Selain organisasi intra, juga ada organisasi ekstra, seperti KAMMI, HMI, dll.

LEAVE A REPLY