cahUnnes.com – Atlet Spirit of Indonesian Youth Expedition (SIYE) III tampaknya tidak main – main dalam melakukan persiapan diri jelang ekspedisi ke Gunung Aconcagua di Argentina. Ketiga atlet terpilih Putra Atmaja, Miftakhul Ulum dan Hermawati begitu gencar melakukan latihan demi latihan sebelum melakukan pendakian ke gunung dengan tinggi 6962 mdpl tersebut.

Diantara serangkaian training yang telah mereka ikuti adalah dengan melakukan pendakian Gunung Merbabu (3145 mdpl) sebanyak lima kali, Gunung Lawu (3265 mdpl), Gunung Sindoro (3150 mdpl), dan Gunung Sumbing (3371 mdpl).

Menutup serangkaian training tersebut, Tim SIYE III Mahapala Unnes melakukan latihan di Gunung Semeru (3676 mdpl).

Syafii selaku ketua tim teknis ekspedisi menyampaikan bahwa latihan di Gunung Semeru sebagai mini ekspedisi dan genjotan fisik.

“Kami sengaja memilih Gunung Semeru karena jauh dari Semarang. Hal ini supaya atlet benar – benar mearasakan jauh dari kampus dan lebih maksimal dalam management perjalanan. Selain itu, sistem komunikasi dan dokumentasi sangat ditekankan pada latihan ini”, tambah Syafii.

Pendakian yang dilakukan dalam rentang waktu 22-28 Oktober yang lalu tersebut, para atlet memulai pendakian dari Ranu Pani dengan membawa beban rata-rata 26 kg, dan sampai di puncak memerlukan waktu 10 Jam 46 menit.

Marifah sebagai ketua ekspedisi mengungkapkan bahwa para atlet sudah siap melakukan pendakian ke Gunung Aconcagua, gunung tertinggi benua Amerika yang sudah tinggal menghitung hari. Rencananya para atlet akan diberangkatkan pada tanggal 14 November, nanti.

“Atlet telah melaksanakan rangkaian latihan yang panjang seperti straing conditioning, jogging, walking with stone, fitnes, renang dan latihan pendakian berulang – ulang”, tambah Marifah. (IBALH)

LEAVE A REPLY