cahUnnes.com – Universitas Negeri Semarang (Unnes) telah menyediakan 6.340 kursi untuk mahasiswa yang melamar melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan SPMU di tahun 2014. Dari sejumlah kursi yang disediakan, Unnes manargetkan dapat memenuhinya.

Pembantu Rektor I Bidang Akademik, Dr Agus Wahyudin mengatakan, kuota terbesar akan diterima dari jalur SNMPTN yakni 55%. Sedangkan untuk jalur SBMPTN 35% dan SPMU 10%. Namun jumlah kuota masing – masing jalur dapat berubah.

“Perubahan itu dapat terjadi jika ada calon mahasiswa yang diterima di jalur SNMPTN tidak melakukan daftar ulang. Otomatis jika tidak melakukan daftar ulang maka dianggap mengundurkan diri,” ungkap Agus seperti terlansir di laman suaramerdeka.com, Senin (24/2).

Agus melanjutkan, meskipun demikian bukan berarti kursi itu akan kosong atau tidak diisi. Kursi tersebut  nantinya akan dilimpahkan pada jalur penerimaan selanjutnya, yakni SBMPTN atau seleksi ujian tulis.

Aturan yang sama juga berlaku bagi yang sudah diterima SBMPTN, akan tetapi tidak melakukan daftar ulang. Maka, secara langsung kursi akan dilimpahkan di kuota jalur SPMU.

Kondisi itu tetap berlaku meski ada program studi yang sepi peminat, “Ya meskipun pada akhir-akhir seleksi sejumlah prodi seperti Sastra Prancis, Sastra Jawa dan Ilmu Sejarah kurang peminat, tetapi akhirnya tetap terpenuhi. Sedangkan prodi yang memiliki banyak peminat seperti PGSD, Pendidikan Matematika, Akuntansi, Manajemen dan Teknologi Informasi biasanya sudah terpenuhi sejak awal seleksi”, pungkasnya.

(Bicho/Suara Merdeka)

LEAVE A REPLY