cahUnnes.com – Akhirnya penelitian berjudul “Pengembangan Mobil Listrik sebagai The Reliable In-Campus Solusi Transportasi” itu mulai membuahkan hasil. Karya Kolaborsi antara FT Unnes dan Mechanical Engineerng & utomation National Kaoshiung First University of Science and Technology Taiwan berhasil membuat prototipe mobil angkutan massal listrik, tanpa bahan bakan sebagai salah satu solusi transportasi hijau.

Wirawan Sumbodo, salah satu tim peneliti mengungkapkan bahwa kerja sama ini tiak hanya menghasilkan mobil angkutan massal listrik saja. Tetapi juga telah menghasilkan nota kesepahaman di tingkat Unnes dengan National Kaoshiung First University of Science and Technology.

Wirawan menambahkan bahwa sebelumnya juga telah dilakukan penelitiian tentang desain mobil listrik dalam bentuk Unnes micro-car yang diawali dengan pengembangan mobil listrik di Teknik Mesin Unnes. Sebuah desain micro – mobil yang aman berdasarkan analisis struktural telah dihasilkan dalam penelitian itu.

Tidak hanya itu, baru – batu ini juga telah dirancang dan dibangun prototipr mobil listrik tetapi hanya dapat menampung empat penumpang. Walaupun telah diuji selama penelitian, mash ada beberapa masalah yang harus dipecahkan, dan perlu penelitian lebih lanjut, guna mengembangkan mobil listrik yang baik, handal, efisien dan easy mainted.

(IBALH)

LEAVE A REPLY