SEMARANG, cahUnnes.com – Pemerintah berharap pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015 tidak ada diskriminasi terhadap peserta. Baik peserta daerah luar jawa, daerah terluar terdepan, bahkan penyandang difabilitas. Demikian disampaikan Menteri Riset dan Teknologi Prof Mohamad Nasir.

“Tahun kemarin dalam situs resmi SNMPTN masih tercantum persyaratan yang tidak membolehkan penyandang disabilitas mengikuti seleksi,” kata Nasir Kamis, (15/1/2015) di Gedung Ditjen Dikti Senayan.

Menurutnya, semua pelajar memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan. Termasuk calon mahasiswa yang memiliki keterbatasan fisik seperti tuna rungu, tuna wicara, tuna daksa dan tuna warna keseluruhan atau sebagian.

“Semua mendapat hak yang sama. Sehingga pendidikan lebih terjamin dan merata,” tandasnya.

Nasir menambahkan SNMPTN Memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh siswa lulusan sekolah menengah yang mempunyai prestasi akademik terbaik di seluruh Indonesia untuk dapat mengikuti pendidikan tinggi program sarjana di seluruh PTN di Indonesia tanpa diskriminasi.

Ketua SNMPTN 2015 Rochmat Wahab mengungkapkan SNMPTN menampung mahasiswa baru untuk setiap program studi (prodi) paling sedikit sebanyak 50%. Tahun sebanyak 63 PTN mengikuti proses seleksi dengan SNMPTN. “Untuk 13 PTN baru, belum bisa ikut serta dalam SNMPTN tahun ini karena masih dalam tahap pendampingan,” ujar Rochmat.

Untuk pendaftaran nantinya masing-masing sekolah dan siswa harus mengisi data terlebih dahulu melalui Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) di laman pdss.snmptn.ac.id yang kemudian akan diverifikasi. Sedangkan untuk pendaftaran prodi PTN melalui laman snmptn.ac.id.

Berikut adalah jadwal pelaksanaan SNMPTN 2015 :

Kegiatan Waktu
1. Pengisian dan Verifikasi PDSS 22 Januari – 8 Maret 2015
2. Pendaftaran 13 Februari – 15 Maret 2015
3. Pengolahan data 16 Maret – 8 Mei 2015
4. Pengumuman Kelulusan 9 Mei 2015
5. Pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN 9 Juni 2015 (Bersamaan dengan Ujian Tertulis SBMPTN).

(Bicho)

LEAVE A REPLY