cahUnnes.com – Undip menyediakan kuota 3.747 mahasiswa baru pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014. Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi mengatakan, total mahasiswa baru yang akan diterima adalah 7.542 orang.

Selain SNMPTN, Undip juga akan me­nerapkan jalur masuk me­lalui Seleksi Ber­sama Masuk Per­guruan Tinggi Ne­geri (SBMPTN) dan Ujian Mandiri (UM).

”Jalur SNMPTN ini dimaksudkan se­bagai bentuk pengakuan atas jerih payah pembelajaran di SMA, SMK, dan MA. Meski demikian, Undip tetap me­ne­rap­kan seleksi yang ketat dalam pelaksanaannya kelak, mengingat jalur SNMPTN mengandalkan penilaian prestasi berdasarkan rapor siswa,” ujar dia.

Seleksi diterapkan dengan mempertimbangkan portofolio sekolah bersang­kutan. Hal itu berkenaan dengan akreditasi dan prestasi yang diraih sekolah, selain nilai rapor yang didapatkan siswa selama sekolah.

Nilai rapor juga akan tetap dinilai konsistensi prestasi akademik yang diperoleh selama di bangku SLTA. Kemudian pertimbangan lainnya, kondisi dan kualitas pendidikan di tiap daerah.

Harus Cermat

Sudharto juga mewanti-wanti, dalam proses pendaftaran SNMPTN calon mahasiswa diminta cermat. Sebab, itu bagian dari strategi supaya bisa lolos seleksi, terutama sehubungan dengan pemilihan program studi impian.

”Saya meminta para siswa cermat memilih program studi impian­nya. Hal ini juga merupakan strategi yang harus diterapkan jika ingin lolos SNMPTN. Jadi, harus diketahui seberapa besar kesempatan bisa diterima, misalnya saja untuk diterima di Fakultas Kedokteran, tentu akan lebih sulit bila dibandingkan dengan fakultas lain,” kata Sudharto.

Pemilihan program studi (prodi) dengan animo rendah tentu akan membuka peluang lebih besar untuk diterima. Beberapa prodi dengan persaingan yang tidak terlalu ketat dapat dijadikan alternatif. Mislanya Ilmu Sejarah, Bahasa Jepang, Fisika, Kimia, Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, dan Teknologi Hasil Perikanan.

”Dengan mempertimbangkan ini, mu­dah-mudahan siswa-siswi yang akan mengikuti SNMPTN 2014 bisa terbantu. Kami juga ingin penjaringan mahasiswa dengan pola ini benar-benar mendapatkan calon-calon pemimpin bangsa yang akan lahir dari rahim Undip,” pinta Su­dhar­to.

Pada Tahun Akademik 2014-2015 ini akan diterima mahasiswa baru dari jalur SBMPTN 2.264 orang dan dari jalur UM 1.531 orang. Sebagai gambaran, pada tahun lalu jalur SNMPTN Undip menerima 3.405 mahasiswa dari animo 113.549 peserta.

Sumber : Suara Merdeka

LEAVE A REPLY