SEMARANG, CAHUNNES.COM – Bekerja atau pun mengumpulkan pundi-pundi uang tidak harus selesai kuliah terlebih dahulu. Buktinya alumnus Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer (PTIK) Universitas Negeri Semarang (Unnes) telah menjadi pengusaha muda sukses dengan omzet mencapai 50 juta rupiah per bulan.

Dia adalah Setiya Aji. Mahasiswa asal Desa Jetis, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang itu berhasil menjadikan kebun bunganya bernilai bisnis. Berawal dari hobi menanam bunga di kebun rumahnya, tercetus ide untuk menyewakan kebun bunganya menjadi spot foto dan selfie.

Ide sederhana ini bergulung dan membesar bak bola salju. Yang awalnya kebun bunga Aji hanya laku di kalangan teman-temannya di Unnes, setelah dua tahun kebun itu bertransformasi menjadi tujuan wisata para netizen yang ingin menikmati pemandangan bunga yang luar biasa.

Tahun 2017 lalu, total pengunjung kebun bunga Setiya Aji mencapai 120 ribu pengunjung. Setiya Aji mulai kewalahan menampung para pengunjung dan untuk mengatasi hal tersebut dia mulai mengajak petani sekitar rumahnya untuk bergabung dalam usahanya. Kebun bunganya yang hanya berukuran setengah hektar kemudian digabungkan dengan kebun bunga milik warga sekitar yang mencapai lima hektar.

Para petani yang bekerja sama dengan Aji mendapatkan pembagian hasil usaha yang cukup signifikan. Tarif untuk masuk ke kebun bunga ini terbilang cukup murah, yaitu Rp. 7.500 sekali masuk. Namun karena jumlah pengunjung yang luar biasa banyak maka Aji dapat membukukan pemasukan bersih per bulan sebesar 20 juta rupiah. Aji juga masih mendapatkan penghasilan dari penjualan bunga yang dibeli pengunjung sebagai suvenir dan juga penjualan bunga kepada para tengkulak bunga.

Kini Setiya Aji Flower Farms telah berubah menjadi bisnis yang serius dan Setiya Aji bertekad untuk mengembangkan bisnisnya secara progresif. Dia mengikuti pelatihan kepariwisataan dari Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata dan juga mengikuti pelatihan pemandu wisata.

Tanggal 7 Maret 2018 ini Setiya Aji mengikuti wisuda di kampus Unnes dan untuk menunjukkan rasa syukurnya Setiya Aji membagikan 1000 tangkai bunga gratis kepada sesama wisudawan satu angkatan.

LEAVE A REPLY