cahUnnes.com – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang kembali selenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (PKMMTD), kemarin pada Jum’at – Minggu (25-27/13) di Gedung Serba Guna FIP, Kampus Unnes, Sekaran.

Pelatihan bertajuk “Indonesia, Aku Datang!” tersebut diikuti sebanyak 153 peserta yang mayoritas berasal dari Fakultas Ilmu Pendidikan.

Pelatihan yang diketuai oleh Arif Fatoni (Teknologi Pendidikan ’12) itu, juga menyajikan berbagai macam materi mulai dari Kepemimpinan, Wawasan Kebangsaan, Analisis Sosial, Advokasi, Kepemudaan, Public Relation dan Manajemen Aksi.

Adapun bertindak sebagai pemateri dalam pelatihan ini adalah Imam Santoso, Sonya Hellen Sinombor (Korwil Kompas Jateng), Andiyono, Yanuar Rizki Pahlevy (Ketua BEM UGM), Muhammad Najibulloh B (Ketua BEM Undip ’13), Adi Prasetyo (Menteri PSDM BEM KM Unnes ’09) dan Agi Suprayogi (Menlu BEM KM Unnes ’09).

PKMMTD BEM FIP tahun ini sengaja dirancang untuk membangkitkan kesadaran dan kebanggan ber-Indonesia. Bertepatan pelatihan tersebut juga diselenggarakan jelang hari Sumpah Pemuda (28/13).

Seperti yang disampaikan oleh Presiden BEM KM UGM Yanuar Rizki Pahlevy dalam materinya menegaskan bahwa pemuda adalah seseorang yang ber-ide besar, ikhlas, memiliki keyakinan yang kuat, dan nekat namun tetap rasional.

Untuk menghadirkan gairah kepemudaan, pada PKMMTD BEM FIP 2013 juga dilakukan diskusi panel oleh ketua BEM Fakultas di Unnes seperti Syarif Hidayatulloh (Ketua BEM FIP), Agung PN (Ketua BEM FT), Zainul Komar (Gubernur BEM FE), Rafidika Rizaldi (Ketua BEM FBS) dan Syafii (Ketua BEM FIK). Diskusi tersebut dipandu oleh Erit Kamiswara (Menlu BEM KM Unnes 2013).

Salah satu sesi materi yang paling banyak diminati oleh peserta adalah manajemen aksi. Dimana para peserta langsung melakukan simulasi selayaknya para mahasiswa berdemonstrasi dan berorasi saat turun ke jalan.

Sitta Arifiani salah seorang peserta PKMMTD mengungkapkan kebahagiannya ketika mengikuti pelatihan tersebut.

“Saya bangga berada disini, karena bisa bersama dengan orang – orang yang hebat.” ungkapnya. (IBALH)

1 KOMENTAR

  1. Mantab! Terus dan akan senantiasa terus berkarya. Semoga lahir pemimpin – pemimpin dari FIP yang akan membawa Indonesia ke arah perubahan yang lebih baik (:

LEAVE A REPLY