cahUnnes.com –  Ahad, (8/12) adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh para peserta Seminar Nasional Oki Setiana Dewi. Sekitar pukul 8 para peserta mulai memenuhi Ruang Auditorium Unnes. Acara Seminar Nasional ini diadakan oleh Ristek sebuah organisasi kerokhisan Fakultas Teknik. Semnas ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan Unnes Islamic Fair yang tengah  berlangsung. Acara semunar ini bertemakan Goresan Pena Sang inspirator sekaligus bedah buku yang berjudul Hijab I’m in Love, buku karya Oki sendiri. Karena bertemakan tentang hijab, jadi seminar ini terkhususkan bagi muslimah. Semua peserta semnas adalah muslimah.Sebelum acara pembukaan seminar, para peserta disuguhkan penampilan dari akapela nasyid.Nasyid ini beranggotakan 6 orang yang semuanya adalah perempuan, mereka didatangkan dari UNDIP. Akapela nasyid mengawali Semnas hari ini dengan mempersembahkan beberapa lagu salah satunya adalah lagunya Oki Setiana Dewi yang berjudul Hijab I’m in Love sesuai dengan judul buku yang akan diuarai/dibedah pada seminar ini.

Pemukulan gong oleh Dekan Fakultas Teknik yaitu Bapak M Harlanu M.Pd menandai dibukanya acara Seminar hari ini. Seminar ini tidak hanya mendatangkan Oki Setiana Dewi namun juga mendatangkan pembicara lain yaitu Yaya Hikmatul Qalam.Setelah dipersilahkan oleh moderator Dwi Pangestika Aprilia, Oki Setiana Dewi mengisi acara seminar. Oki menyampaikan tentang arti penting hijab bagi wanita, hijab inilah yang akan melindungi para wanita, beliau menyampaikan bagaimana keadaan wanita sebelum islam datang yang selalu di anggap rendah oleh kaum lelaki, setelah islam datang wanita menjadi lebih berharga karena Allah telah mengangkat derajat wanita dan keadaan wanita masa kini yang banyak meniru mode barat tapi masih ada wanita sholehah di masa kini, beliau menyampaikan bagaimana sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita sholehah dan beliau juga menyampaikan agar menjadi muslimah luar biasa yang menginspirasi banyak orang. Jadi intinya kita sebagai muslimah harus bisa menjadi muslimah luar biasa.

Kemudian dilanjutkan bedah buku Hijab I’m in Love yang akan diuraikan oleh pembicara kedua yaitu Yaya Hikmatul Qalam, inti dari apa yang beliau sampaikan dalam bedah buku Hijab I’m in Love adalah agar menjadi muslimah yang inspiratif dengan segala keterbatasan, jadikan keterbatasan menjadi potensi diri sehingga keterbatasan itulah kita dapat berprestasi.Dari kedua pembicara yang luar biasa kita sebagai seorang muslimah, jangan menjadi muslimah yang biasa-biasa saja tapi menjadi muslimah yang luar biasa dengan prestasi yang dimiliki.

Acara dilanjut dengan tutorial memakai hijab kemudian dilanjutkan dengan musikalisasi puisi oleh nada sebuah kelompok musik dari Fakultas Bahasa dan Seni, isi dari musikalisasi yan disamp yang ditampilkan oleh nada adalah bagaimana seseorang dari yang tidak berhijab akhirnya menjadi berhijab. Ada juga penampilan kembali dari acapela nasyid sekaligus mengiringi penggalangan dana untuk syiria (Food for Syiria) dari puskomda. Pembacaan do’a menandai berakhirnya acara Seminas Nasional Oki Setiana Dewi.

(Aulia ZN)

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY