Semester Antara, Alternatif Bagi Mahasiswa Unnes Agar Lulus Tepat Waktu

Semester Antara, Alternatif Bagi Mahasiswa Unnes Agar Lulus Tepat Waktu

Foto: Unnes.ac.id

SEMARANG, CAHUNNES.COM – Tidak kunjung lulus adalah salah satu kegelisahan dan kepedihan yang dirasakan oleh mahasiswa. Salah satu faktor yang menyebabkan mahasiswa tidak kunjung lulus karena mengulang beberapa mata kuliah.

Namun, ternyata Universitas Negeri Semarang (Unnes) tidak tutup mata terhadap kegelisahan yang dirasakan mahasiswa. Salah satu solusi yang ditawarkan Unnes agar mahasiswa lulus tepat waktu adalah menyelenggarakan program Semester Antara.

Solusi ini tidak hanya untuk mahasiswa yang tidak kunjung lulus, tapi hal ini juga dapat dilakukan mahasiswa baru yang ingin menyelesaikan kuliah secepat mungkin.

Staf Ahli Rektor Bidang Akademik Dr Eko Handoyo MSi menjelaskan penyelenggaraan Semester Antara merupakan upaya Unnes mendorong mahasiswa untuk menyelesaikan studi tepat waktu.

Lebih lanjut Eko menjelaskan Semester Antara hanya diselenggarakan satu kali menjelang semester genap. Adapun mata kuliah yang dapat diambil maksimal sembila Sistem Kredit Semester (SKS).

“Merujuk pada Peraturan Rektor UNNES Nomor 14 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Semester Antara, mahasiswa setelah semester 3,” kata Eko saat memberikan sosialisasi di ruang 405 Gedung H Kampus Unnes Sekaran, Senin (27/11/2017).

Semester Antara, tambah Eko, bagi mahasiswa sifatnya tidak wajib. Sehingga bagi mahasiswa yang mengambil saja yang akan terbebani biaya kuliah Semester Antara. Selain itu, hanya mahasiswa yang tercatat aktif saja yang boleh mengikuti program ini, mahasiswa cuti dan non-aktif tidak diperbolehkan mengambil Semester Antara.

Sesuai dengan Kalender Akademik UNNES Tahun Akademik 2017/2018 tentang penyelenggaraan Semester Antara Tahun Akademik 2017/2018 yang ditindaklanjuti dengan Surat Edaran Rektor Nomor 10018/UN37/SE/2017 tentang Jadwal Penyelenggaraan Semester Antara Tahun Akademik 2017/2018, kegiatan Semester Antara akan dimulai 1 November 2017 diawali dengan penjaringan calon peserta oleh Jurusan/Fakultas.

Informasi lebih lanjut tentang Semester Antara, dapat diakses pada laman https://akademik.unnes.ac.id/ atau http://baakk.unnes.ac.id.

LEAVE A REPLY