SEMARANG, cahUnnes.com – Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyediakan 124 kursi pegawai pada Seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini. Mereka akan ditempatkan di Jakarta dan Bandung.

Jika berminat, kamu bisa mendaftar secara online melalui laman kemendag (www.kemendag.go.id). Setelah mengunggah semua dokumen yang dibutuhkan, Anda akan mendapatkan ID registrasi dan password. Keduanya bisa dipakai untuk mencetak Karta Tanda Peserta Ujian setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi.

Menjadi syarat minimal bagi pendaftar adalah memiliki nilai minimal TOEFL Prediction 550.

“Tugas pokok kemendag bukan hanya penguatan perdagangan dalam negeri, tetapi juga peningkatan ekspor. Sehingga, pegawai Kemendag akan berhubungan dengan banyak pihak diberbagai negara,” kata Sekretaris Jenderal Kemendag Gunaryo, seperti disitat laman Okezone.com, Sabtu (16/8/2014).

Menurutnya perlu kompetensi berkomunikasi, baik lisan maupun tertulis dalam bahasa internasional. Salah satu tolok ukur awal adalah level TOEFL, yang kemudian kemampuan tersebut akan kita tingkatkan hingga benar-benar punya kompetensi berbahasa Inggris yang handal.

Merujuk surat Menpan No B/2870/M.PAN/7/2014 tentang Jadwal Kegiatan Pengadaan CPNS 2014, lowongan formasi akan diumumkan pada 18-29 Agustus 2014. Kemudian, pendaftaran online akan dilakukan pada 20 Agustus-3 September 2014 melalui portal nasional.

Perlu diketahui, diantara formasi yang ditawarkan Kemendag antara lain :
1. Sekretaris
2. Pranata Komputer
3. Pengawas Kemetrologian
4. Widyaiswara
5. Analisis Perdagangan
6. Analisis Kebijakan
7. Fasilitator Perdagangan
8. Auditor
9. Perencana
10. Verifikator Keuangan.

(IBALH)

LEAVE A REPLY