cahUnnes.com – Tentunya tidak semua orang Indonesia memahami, apa itu Spirit of Indonesian Youth Expedition (SIYE) part III Mahapala Unnes. Kali ini saya membuat sedikit ringkasan tentang sebagian kepanitiaan yang ada di Universitas Negeri Semarang (Unnes) ini. Berawal dari pemikiran gila setelah suksesnya kegiatan Pemecahan Muri yang pertama di Unnes Replika Tugu Muda dengan perbandingan 1:1 tahun 2005, Temu Wicara dan Kenal Medan (TWKM) Mapala Se-Indonesia yang ke XVIII tahun 2006 Mahapala  Unnes, pada tahun 2007 hasil ngobrol ditambah kopi dan corat coret tidak jelas tercetuslah pemikiran mampu tidak mapala kecil berlatar belakang IKIP Negeri Semarang bisa mengibarkan bendera kebesaran Republik Indonesia di Puncak Tertinggi dunia.

Mulailah pada tahun 2008 kepanitian kecil Pra Xpdc Mahapala Unnes di bentuk. Tahun itu kami mencari informasi untuk menentukan seberapa besar yang perlu kami siapkan untuk melakukan kegiatan yang besar ini. Hingga tercetusnya kita menentukan Ekspedisi pertama Mahapala Unnes bisa ke Kilimanjaro pada tahun 2009. Awal tahun 2009 kami membuat kepanitiaan untuk kegiatan ini. Pada saat penentuan tema kegiatan ini kami sempat berdebat cukup lama, sampai akhirnya sepakat dengan istilah SIYE ini. Semangat Pemuda Indonesia!!! Ya kita Pemuda Indonesia!!!

Tahun 2009 Rangkaian persiapan kepanitian SIYE I mulai digerakkan. tepat pada tanggal 17 Agustus 2009 saat itu atlet terpilih Mahapala Unnes Priyo Handoko, Ivan Havid Wasiana, dan Manik Maya W berhasil mengibarkan bendera Indonesia dan bendera Unnes di Puncak tertinggi Benua Afrika, Kilimanjaro 5.895 mdpl. Saat itu Mahasiswa Unnes sedang Upacara 17-an di Lapangan FIK dan Bapak Rektor Unnes saat itu mengumumkan bahwa atlet telah berhasil sampai dipuncak dengan waktu yang sama. Semua senang, semua bangga dan terharu.

Dengan target yang sama, pertukaran budaya, studi banding pengelolaan alam, dan SAR kami juga menyelesaikan dengan lancar SIYE II Mahapala Unnes di tahun 2011. Atlet terpilih saat itu Ma’rifah, Manikmaya W, dan Miftakhul Ulum. selain tepat di tanggal 17 Agustus 2011 yang membanggakan waktu itu Ma’rifah tercatat sebagai perempuan pertama Indonesia yang berhasil ke Puncak Elbrus 5.462 mdpl, puncak tertinggi Benua Eropa.

Tahun ini Semangat kami siapkan untuk menyambut hari Pahlawan tanggal 10 November 2012. kami berharap semangat Bangsa Indonesia untuk selalu membesarkan Negara ini tidak pernah luntur. Melalui Miftakhul Ulum, Hermawati dan Putra Triya Admaja kami Optimis berhasil mengibarkan kembali bendera Merah Putih, Bendera Unnes, dan Bendera Mahapala di Puncak tertinggi Benua America, Puncak Gunung Aconcagua 6.962 mdpl pada tanggal 14 November – 11 Desember 2013,

Spirit of Indonesian Youth Expedition adalah semangat kami Pemuda Indonesia!

Salam Lestari, Salam Konservasi, dan Salam Merdeka!!!

Sumber : Syaffimahapala

LEAVE A REPLY