Rektorat Universitas Negeri Semarang

SEMARANG, cahUnnes.com – Webometrics kembali merilis daftar situs perguruan tinggi paling populer di dunia. Dalam daftar tersebut, Webometrics menempatkan situs resmi Universitas Negeri Semarang (Unnes) pada peringkat ke-13 di Indonesia.

Hasil pemeringkatan ini sama seperti yang telah dicapai Unnes pada semester sebelumnya. Peringkat pertama ditempati Universitas Gadjah Mada (UGM), disusul Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Diponegoro (Undip).

Pemeringkatan Webometrics bertujuan menakar aksesibilitas dan komitmen situs perguruan tinggi secara online dan realtime, serta untuk mengukur komitmen perguruan tinggi dan sharing secara terbuka atau memublikasikan karya-karya ilmiahnya di dunia maya.

Laman resmi Universitas Negeri Semarang

Dalam pemeringkatannya, Webometrics menggunakan empat indikator utama, yaitu Presence (20 persen), Impact (50 persen), Openness (15 persen) dan Excellence (15 persen). Presence menunjukkan jumlah halaman website (html) dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari (Google), tidak termasuk rich files. Rangking parameter Presence Unnes berada pada 1.436.

Impact menunjukkan jumlah eksternal link yang unik (backlink) yang diterima oleh domain web universitas (inlinks) terindeks di mesin pencari yang tertangkap di Majestic SEO dan Ahref. Peringkat Unnes dalam parameter Impact adalah 1.069.

Openness merupakan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) dan Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang online/open di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google Scholar). Unnes berada di peringkat 176 dalam Openness.

Sedangkan parameter Excellence menunjukkan jumlah artikel ilmiah, publikasi dan sitasi perguruan tinggi di jurnal internasional yang terindeks di Schimago Institution Rangking dan Google Scholar.

Hal yang lebih penting lagi dari sistem pemeringkatan ini adalah impact atau citation dari portal website atau domain tersebut untuk mengukur seberapa besar manfaatnya di mata masyarakat.
Berikut ini 20 laman perguruan tinggi tereksis se-Nusantara seperti dilansir laman Webometrics.

1. Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta;
2. Universitas Indonesia (UI) Depok;
3. Institut Teknologi Bandung (ITB);
4. Institut Pertanian Bogor (IPB);
5. Universitas Diponegoro (Undip) Semarang;
6. Universitas Brawijaya (UB) Malang;
7. Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung;
8. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta;
9. Universitas Airlangga (Unair) Surabaya;
10. Universitas Gunadarma (UG) Depok;
11. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya;
12. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung;
13. Universitas Negeri Semarang (Unnes);
14. Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar;
15. Universitas Negeri Malang (UM);
16. Universitas Kristen Petra;
17. Universitas Bina Nusantara (Binus) Jakarta;
18. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY);
19. Universitas Sriwijaya (Unsri);
20. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

(Bicho)

LEAVE A REPLY