cahUnnes.com – Selama ini, softdrink yang kita kenal mengandung zat berbahaya yang harus dihindari walaupun terasa nikmat dan menyegarkan ketika mengonsumsinya. Tidak habis akal, mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya memproduksi softdrink sehat dari buah lontar atau legen.

Penasaran? Mari kenali sosok di balik softdrink berlabel Raja Legen itu. Mereka adalah Angger Setyobudhi, Niar Kurnia, dan Irma Wulandari. Namun, ketika awal terbentuk pada 2012, tim tersebut beranggotakan lima orang.

Ketertarikannya pada dunia bisnis membuat mahasiswa ini mengembangkan inovasi produk minuman softdrink. Legen alami yang ia kembangkan bersama teman-temannya berbahan dasar dari buah siwalan pun berhasil maju sebagai finalis Youth Start-up Icon Surabaya. Suka dan duka pun dirasakan saat awal-awal merintis bisnis ini.

Ide tersebut pertama kali dicetuskan oleh Angger. Dia mengungkap, ide itu muncul pertama kali saat berlibur ke kampung halamannya. Saat melihat legen yang dijadikan minuman, dia berpikir untuk membuka outlet legen.

”Awalnya produk ini hanya disajikan dalam kemasan botol yang dijual di outlet. Namun di dalam botol tersebut, terjadi fermentasi soda alami pada legen sehingga menjadi softdrink alami,” ujar Angger, seperti dinukil dari ITS Online, Jumat (10/1/2014).

Mahasiswa kelahiran 1993 itu menjelaskan, minuman ini berbeda dengan tuak yang termasuk minuman keras. Minuman ini disterilkan dengan mesin hasil penelitian yang dilakukan Angger dan kawan-kawan.

“Legen yang telah dimasukkan ke dalam botol bertahan sampai 30 hari dalam suhu dingin sebelum berfermentasi menjadi tuak. Sementara dalam suhu normal, minuman ini bertahan selama 20 hari,” ungkapnya.

Menurut Angger, softdrink alami itu memiliki beberapa manfaat. Mulai dari menghilangkan dahaga, menambah daya tahan tubuh, hingga melancarkan urin untuk penderita batu ginjal. Rasanya yang unik ternyata membuat minuman seharga Rp3 ribu per botol itu mendapat tempat di hati konsumen.

Raka Ayuda Rahman, misalnya. Dia mengaku terkejut dengan rasa Raja Legen. Namun, setelah mencicipinya dia justru memuji rasa minuman tersebut. “Rasanya juga beda. Rasanya manis dan ditambah sensasi soda saat meminumnya,” kata Raka

Sumber : Okezone.com

LEAVE A REPLY