Profil Jurusan Psikologi Unnes

Profil Jurusan Psikologi Unnes

Jurusan Psikologi Unnes memfokuskan diri pada lima bidang keahlian, yaitu: Psikologi Pendidikan, Psikologi Klinis, Psikologi Perkembangan, Psikologi Industri dan Organisasi, dan Psikologi Sosial Keunggulan.

Sejarah Psikologi Unnes

  1. SK Mendiknas RI No. 225/0/2000 tentang STATUTA UNNES, tgl. 6 Desember 2000 pasal 28 c.3 Jurusan Psikologi di FIP
  2. Surat Dirjen Dikti No. 921/015/2003 tgl. 7 Mei 2003 tentang ijin operasional Psikologi FIP UNNES
  3. Surat Kep. BAN PT No. 016/BAN.PT/AK-XII/VI/2009 tgl. 26 Juni 2009. Skor: 248, peringkat C
  4. Perpanjangan ijin operasional oleh Rektor UNNES a/n Dirjen Dikti No. 2480/D/T/K.N/2018 Tgl 17 Juni 2010. Perpanjangan s/d 30 Agustus 2014
  5. SK BAN PT No. 465/SK/BAN.PT/Akred/S/XII/2014 tgl. 8 Desember 2014. Nilai: 322. Peringkat B

Visi Psikologi Unnes

Menjadi penyelenggara pendidikan tinggi Psikologi yang berkarakterkonservasi serta mampu berkompetisi pada tingkat nasional dan internasional pada tahun 2020

Misi Psikologi Unnes

  1. Menyelenggarakan kegiatan perkuliahan secara efektif sesuai dengan kurikulum dan standar mutu layanan yang telah ditetapkan, dengan mewujudkan praksis pembelajaran yang mampu menstimulasi serta menguatkan tumbuhnya karakter yang prestatif, jujur, peduli, dan santun
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan dalam bidang psikologi
  3. Menerapkan ilmu psikologi secara etis dan profesional untuk meningkatkan harkat dan martabat masyarakat menuju terwujudnya masyarakat yang sehat, unggul, dan sejahtera
  4. Menggalang kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak di tingkat lokal, nasional, dan internasional dalam bidang pendidikan pengajaran, dan riset.

Fasilitas Penunjang Psikologi Unnes

Laboratorium diagnostik, laboratorium faal dan eksperimental, laboratorium konseling dan psikoterapi, kelas multimedia, free public Wi-Fi, perpustakaan dan  digital library (digilib), penerapan sistem onlineuntuk kegiatan akademik, bekerja sama dengan lembaga-lembaga profesional untuk menunjang kegiatan pembelajaran.

Keunikan Psikologi Unnes

Diampu oleh dosen-dosen yang berkualitas dan profesional di bidang psikologi yang berwawasan lingkungan, psikososio-edukatif, peka dan tanggap terhadap masalah-masalah psikologi pendidikan dan sosial budaya yang berkembang di masyarakat, baik dalam lingkup lokal, regional, maupun global dengan berpijak pada kode etik psikologi.

Profil Dosen Psikologi Unnes

Dosen pada prodi ini terdiri atas 2 doktor, 18 magister, 3 sarjana ditambah beberapa dosen luar biasa yang kompeten dan dengan latar belakang profesional.

Peluang Mengembangkan Diri

Sasaran dunia kerja bagi sarjana psikologi sangat luas. Beberapa ranah kerja tersebut antara lain human resource development project, konsultan psikologi, psikolog, terapis, peneliti psikologi, aktivis LSM, guru BK, guru PAUD, dan perbankan.

Organisasi Mahasiswa Psikologi Unnes

Jurusan Psikologi Memiliki berbagai lembaga kemahasiswaan yang aktif dan menorehkan berbagai prestasi di bidangnya. Lembaga kemahasiswaan tersebut antara lain Himpunan Mahasiswa Psikologi Unnes (HIMA PSI), PapiPsi (Lembaga Putra – Putri Psikologi), Organisasi Pecinta alam Psikologi (ORPAPSI), Komunitas ilmiah Psikologi (Dynamic), Lembaga Training dan Psikologi Terapan (LMT Super Quantum), Psychology Choir (Paduan Suara mahasiswa Psikologi), Pegasus Psyche (Organisasi Tim olahraga Psikologi: Futsal, Basket, Volley), dan A2I (Anak-anak Independen: Komunitas Psikologi non-mainstream).

Kompetensi Lulusan dan Indikatornya

Jurusan Psikologi Unnes membekali mahasiswa dengan Mata kuliah Psikologi Dasar, dilanjutkan dengan mata kuliah yang fokus pada masing-masing konsentrasi. Psikologi Unnes mempunyai lima konsentrasi yang dapat dipilih mahasiswa untuk menjadi fokus studinya: Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, Psikologi Perkembangan, dan Psikologi Sosial.

Karakteristik mata kuliah di jurusan Psikologi Unnes dibedakan sebagai berikut:
Mahasiswa wajib menuntaskan minimal 141 SKS untuk meraih drajat sarjana yang terdiri dari 124 SKS Mata kuliah wajib, 8 SKS Mata kuliah Wajib Pilihan, 2 SKS Intership, 4 SKS Kuliah Kerja Nyata (KKN), dan 6 SKS Skripsi

Jurusan Psikologi menerapkan berbagai metode pembelajaran yang brain-friendly, seperti classical learning, simulation learning, practical learning, experiential learning, e-learning, focused group discussion, constructive and contextual learning.

Deskripsi lengkap mata kuliah Jurusan Psikologi dapat dilihat selengkapnya di laman: psikologi.unnes.ac.id

Alamat

Telepon dan Fax Kantor: (024)8508022

LEAVE A REPLY