Program studi (Prodi) Teknologi Pendidikan berada di Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Program Studi ini menyelenggarakan pendidikan teknologi pendidikan dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan dalam tiga konsentrasi, yaitu pengembang kurikulum dan pembelajaran, pengembang teknologi pembelajaran, dan pendidik dan tenaga kependidikan bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan multimedia.

Visi Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Unnes

Menjadi pusat pengembangan kajian kurikulum dan teknologi pendidikan dan penyiapan pengembang kurikulum dan pembelajaran, teknolog pembelajaran, dan pendidik serta tenaga kependidikan yang menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta multimedia.

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi S1 untuk menghasilkan pengembang kurikulum dan teknologi pendidikan yang mampu mengembangkan, mengimplementasikan, mengelola, dan mengevaluasi kurikulum dan teknologi pendidikan.
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang kurikulum dan teknologi pendidikan melalui penelitian, diskusi, seminar, workshop, produksi media dan metode pembelajaran, dan publikasi gagasan yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.
  3. Menyelenggarakan perkuliahan dengan mengikuti perkembangan metode dan media pembelajaran yang tepat, berkarakter interaktif, dialogis, kontekstual, demokratis, berorientasi problem based, learning by doing, dan transformatif.

Misi Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Unnes

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi S1 untuk menghasilkan pengembang kurikulum dan teknologi pendidikan yang mampu mengembangkan, mengimplementasikan, mengelola, dan mengevaluasi kurikulum dan teknologi pendidikan.
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang kurikulum dan teknologi pendidikan melalui penelitian, diskusi, seminar, workshop, produksi media dan metode pembelajaran, dan publikasi gagasan yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.
  3. Menyelenggarakan perkuliahan dengan mengikuti perkembangan metode dan media pembelajaran yang tepat, berkarakter interaktif, dialogis, kontekstual, demokratis, berorientasi problem basedlearning by doing, dan transformatif.
  4. Menyelenggarakan program kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas, kontekstual, dan sesuai dengan kebutuhan yang dapat mengatasi masalah yang dihadapi oleh masyarakat.
  5. Membangun iklim akademik yang kritis dan demokratis serta dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah sesuai dengan kebebasan mimbar akademik antara dosen dan mahasiswa.
  6. Memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan bakat, minat, dan aktualisasi diri mereka dalam bidang akademik, seni-budaya, keorganisasian, kewirusahaan, dan lainnya.
  7. Menjalin kerjasama pada skala nasional dan internasional dalam bidang pengembangan institusi dan bidang kajian kurikulum dan teknologi pendidikan.

Sejarah Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Unnes

Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, telah berdiri sejak tahun 1965, bersamaan dengan berdirinya Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), sebagai bagian dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Semarang. Landasan Hukum untuk ini adalah Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 271 tahun 1965.

Mengingat IKIP Semarang berasal dari FKIP UNDIP maka jurusan – jurusan yang ada pun berasal dari sumber yang sama, sebagaimana diatur dalam Surat Keputusan Sekretaris Jenderal Departemen Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan No. 108487 / S tanggal 27 Desember 1960. Jurusan – jurusan dimaksud meliputi Jurusan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Perancis, Seni Rupa, Sejarah, Ilmu Bumi, Ilmu Pasti, Ilmu Alam, Ilmu Pesawat, Ilmu Kimia,Teknik Sipil, Teknik Mesin, Pendidikan Jasmani, Didaktik Kurikulum, dan Pendidikan Sosial.

Jurusan Didaktik Kurikulum berubah menjadi jurusan Pendidikan Umum, kemudian pada tahun 1970 kembali menjadi Didaktik Kurikulum. Pada tahun 1981 jurusan ini berubah kembali menjadi Pendidikan Umum. Terakhir sejak tahun 1983 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0552/C/1983, tanggal 8 Desember 1983 jurusan ini berubah menjadi Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, sampai sekarang.

Kompetensi Lulusan Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Unnes

Para lulusan Program Studi Teknologi Pendidikan diarahkan untuk dapat memiliki kompetensi unggul sebagai:

  1. perancang, perekayasa dan penilai kurikulum di semua jalur, jenjang dan jenis pendidikan dengan penguasaan konsep dan model pengembangan kurikulum, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengikuti perkembangan kurikulum dan paradigma pendidikan/pembelajaran kekinian;
  2. pengembang teknologi pendidikan di semua jalur, jenjang dan jenis pendidikan yang menguasai konsep dan praktik analisis, pengkajian, perancangan, produksi, penerapan, pengelolaan dan evaluasi sistem/model teknologi pendidikan;
  3. pendidik, fasilisator, trainer pembelajaran dalam bidang multimedia dan TIK yang kreatif dan inovatif; dan
  4. pengkaji permasalahan bidang kajian kurikulum dan teknologi pendidikan serta mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah dan penerbitan berkala ilmiah.

Peluang Kerja Lulusan Prodi Teknologi Pendidikan Unnes

Peluang kerja lulusan Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) sesuai dengan capaian pembelajaran dan kompetensi Program Studi memiliki peluang kerja sebagai berikut.

Pengembang kurikulum dan pembelajaran;
Lulusan mampu mengembangkan, mengimplementasikan, mengelola, dan mengevaluasi kurikulum dengan mengacu pada dasar ideologis-filosofis, yuridis, sosiologis, psikologis, dan historis dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang nasionalis, religius, dan toleran terhadap keberagaman.

Pengembang teknologi pembelajaran;
Lulusan mampu mengembangkan, menggunakan, mengelola, dan mengevaluasi teknologi pembelajaran dalam bentuk media dan metode pembelajaran secara bertanggung jawab dengan mengacu pada prinsip-prinsip pedagogik dan nilai-nilai etika budaya luhur.

Pendidik dan tenaga pendidik TIK dan multimedia;
Lulusan mampu menjadi guru dan tenaga kependidikan yang kompeten dalam menyelenggarakan pembelajaran TIK dan multimedia menggunakan pendekatan pembelajaran yang tepat dalam suasana demokratis, partisipatoris, dan emansipatoris.

Peneliti
Mampu melakukan penelitian dalam upaya pengembangan ilmu pengetahuan serta menghasilkan gagasan dan rekomendasi dalam bidang kajian dan praktik kurikulum dan teknologi pendidikan secara kritis, kreatif, inovatif, dan tepat.

Keunggulan Prodi Teknologi Pendidikan Unnes

Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang (Unnes) memiliki sumber daya manusia yang berkualitas dalam mendampingi para mahasiswa untuk memupuk sikap, menguasai pengetahuan, dan keterampilan unggul sebagai pengembang kurikulum, teknologi pendidikan, pendidik bidang multimedia, maupun peneliti bidang kajian kurikulum dan teknologi pendidikan.

Selain itu juga didukung oleh fasilitas laboratorium dengan peralatan untuk melatih mahasiswa menguasai teori dan keterampilan sebagai teknolog pendidikan, antara lain fotografi, sinematografi, desain grafis, dan broadcasting.

Mahasiswa juga diberi ruang untuk mengembangkan kapasitas dirinya dalam organisasi dan komunitas mahasiswa, antara lain Himpunan Mahasiswa, Dewan Perwakilan Mahasiswa, Gabungan Mahasiswa Pecinta Alam (GamaTePeta), komunitas sinematografi dan fotografi, komunitas desain grafis, klub karya tulis ilmiah. Sampai sekarang sudah banyak mahasiswa yang menjuarai beberapa kompetisi ilmiah pada tingkat fakultas, universitas, maupun regional dan nasional.

Fasilitas Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Unnes

  1. Laboratorium Teknologi Pendidikan
  2. Perpustakaan
  3. Laboratorium Radio
  4. Laboratorium Komputer
Laboratorium Teknologi Pendidikan Unnes

Gelar Lulusan

Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

Alamat Prodi Teknologi Pendidikan Unnes

Alamat Kantor: Gedung A3 Lantai 1 FIP UNNES;
telp/fax : 024-8508023/024-8508019.
Website: http://teknodik.unnes.ac.id

LEAVE A REPLY