Profil Jurusan Bimbingan dan Konseling Unnes

Profil Jurusan Bimbingan dan Konseling Unnes

Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP Unnes menyelenggarakan pendidikan bidang Bimbingan dan Konseling dengan tujuan menghasilkan sarjana Bimbingan dan Konseling yang mampu memberikan pelayanan di sekolah dan luar sekolah, yang bermuara pada penganugerahan ijazah sarjana (S1) bidang Bimbingan dan Konseling berwawasan multikultural dan konservasi.

Visi Jurusan Bimbingan dan Konseling Unnes

Menjadi program studi Bimbingan dan Konseling Unnes yang menghasilkan calon pendidik pada bidang Bimbingan dan Konseling berwawasan konservasi dan bereputasi Internasional.

Misi Jurusan Bimbingan dan Konseling Unnes

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan sesuai dengan kurikulum berdasarkan pedoman akademik UNNES dengan prosedur yang rasional, transparan, dan baku, serta diselenggarakan dalam suasana akademik yang berwawasan konservasi.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu untuk menghasilkan karya yang inspiratif, berwawasan konservasi, dan bereputasi internasional dalam bidang bimbingan dan konseling
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu bimbingan dan konseling yang memandirikan.
  4. Menyelenggarakan pendidikan berkelanjutan (continuing education) untuk meningkatkan kualitas kinerja dan profesionalitas konselor.
  5. Menjalin kerjasama bidang pendidikan pada tingkat nasional dan insternasional serta meningkatkan partisipasi masyarakat (stakeholder) dalam pembangunan pendidikan nasional.

Sejarah Singkat Jurusan Bimbingan dan Konseling Unnes

Tahun 1965 berdiri jurusan Bimbingan dan Penyuluhan atau Guidance and Counseling (GC). Tahun 1984 berbah menjadi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (PPB) FIP IKIP Semarang. Tahun 2000 berubah nama lagi menjadi Bimbingan dan Konseling.  Tahun 2007, Jurusan Bimbingan dan Konseling melahirkan Prodi Pendidikan Profesi Konselor (PPK).

Kompetensi Prodi Bimbingan dan Konseling Unnes

    1. Menguasai konsep teoritis bidang Bimbingan dan Konseling secara mendalam dengan dukungan ilmu pendidikan, filsafat, psikologi, sosiologi, antropologi, manajemen, ilmu agama, serta teknologi informasi dan komunikasi
    2. Menguasai dasar-dasar perancangan, pengelolaan dan evaluasi Bimbingan dan Konseling yang didasari oleh kemampuan memahami peserta didik, memilih pendekatan, metode dan strategi serta sistem evaluasi pelayanan Bimbingan dan Konseling
    3. Mampu mengaplikasikan ketrampilan umum dalam konteks tuntutan tugas di dunia kerja dalam setting pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan komunitas/ rehabilitasi sosial.

Peluang Kerja Lulusan Bimbingan dan Konseling Unnes

Konselor Pendidikan baik pada jenjang pendidikan dasar, menengah, dan pada seting komunitas/rehabilitasi sosial.

Akreditasi Jurusan Bimbingan dan Konseling Unnes

Akreditasi A (Amat Baik) berdasarkan SK 032/BAN-PT/Ak-XV/S1/X/2012 tanggal 18 Oktober 2012 berlaku sampai 18 Oktober 2017

Gelar Lulusan Jurusan Bimbingan dan Konseling Unnes

Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

Alamat Kantor Jurusan Bimbingan dan Konseling Unnes

Alamat: Gedung A2 Lantai 1 Kampus Sekaran Gunungpati Sekaran Semarang
Website: http://bk.unnes.ac.id/
Alamat email: bk.unnes@ymail.com atau zakki.nurul.amin@mail.unnes.ac.id
nomor telepon: 085727614946
Nomor fax: 024-8508019
Kode pos: 50229

LEAVE A REPLY