cahUnnes.com – Mahasiswa sebagai director of change merupakan aset perubahan bangsa. Oleh karena itu setiap mahasiswa dituntut untuk menorehkan karya – karya yang nyata. Berdasarkan latar belakang tersebut Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Unnes melalui Kementerian PSDM menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah (PKMMTM) sebagai bekal untuk berkarya.

PKMMTM bertajuk “Berkarya Untuk Indonesia Emas” itu diselenggarakan pada Jum’at-Minggu (15-17/11) di Rindam IV Diponegoro Magelang.

Sebelum mengikuti PKMMTM peserta harus memenuhi syarat yang telah ditentukan diantaranya para peserta dinyatakan lulus Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Dasar (PKMMTD) atau yang sederajat dan telah mengikuti minimal 1 periode di lembaga/organisasi kemahasiswaan.

Pelatihan yang diikuti oleh para alumnus PKMMTD itu digenjot dengan berbagai macam materi tentang Kebangsaan, Isu dan Wacana, Pergerakan Mahasiswa, Pemikiran Global, dan Rekayasa Sosial. Selain itu mereka juga digenjot dengan materi bela negara  oleh TNI AD di hari terakhir, Minggu (17/11).

Adapun bertindak sebagai pembicara pada pelatihan tersebut diantaranya adalah Agus Hermanto (Ketua Komisi X DPR RI), Arif Setyanto (Presma Unair 2011), Indra Kusumah (Presma KM ITB 2005), Jatmiko (Presma UNY 2005), dan Ali Mahfudz (Presma UPI 2011).

Pembicara materi Pergerakan Mahasiswa, Indra Kusumah menyampaikan bahwa ada semangat yang mendasari mahasiswa dalam melakukan gerakan. “Semangat Mahasiswa dalam pergerakan adalah untuk Tuhan, bangsa dan almamater,” pungkasnya.

Fatimah, salah satu peserta PKMMTM mengungkapkan tentang kesannya selama mengikuti pelatihan, “Inilah seru dan senangnya menjadi aktivis, ilmu tidak hanya didapat di kelas, tapi juga sambil jalan – jalan,” ujarnya. (IBALH)

LEAVE A REPLY