SEMARANG, CAHUNNES.COM – Wisuda biasanya identik dengan senyum bahagia yang menghias para mantan mahasiswa. Namun, senyuman itu bisa berubah menjadi kegalauan ketika dihadapkan dengan kehidupan pasca kampus.

Para wisudawan akan dihadapkan dengan beberapa kondisi seperti pekerjaan, jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau teman hidup.

Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Fathur Rokhman berpesan kepada para wisudawan agar dapat menampilkan diri dengan pola pikir dan paradigma esok hari untuk menyelesaikan persoalan hari ini.

“Dengan cara seperti itu wisudawan dapat menempatkan diri sebagai calon pemimpin dunia yang akan membawa reputasi diri makin cemerlang,” kata profesor sosiolinguistik itu, dikutip dari laman resmi Unnes, Kamis (26/10/2017).

Berbekal Ipteks yang telah diperoleh selama kuliah di Unnes, lanjutnya, para wisudawan harus mampu merespon perkembangan peradaban di masa depan sehingga dapat memberikan kesejahteraan bagi umat manusia.

“Unnes dan masyarakat menunggu kiprah wisudawan. Kesuksesan wisudawan adalah kesuksesan Unnes, dan sekaligus kesuksesan bangsa Indonesia,” kata Fathur.

LEAVE A REPLY