cahUnnes.com – “Jika anda ingin berwirausaha punyalah sebuah lembaga, karena anda akan memiliki komunitas. Komunitas itulah nantinya yang akan banyak membantu anda dalam usaha.” Demikian salah satu pesan yang disampaian oleh Rahmat Kurniadi dalam Seminar Kewirausahaan yang diselenggarakan oleh UKKI Sedekat Sahabat Unnes, pada Sabtu (21/12) di Gedung C7 FIS Unnes.

Seminar Kewirausahaan yang diberi nama Semeru ini merupakan salah satu rangkaian agenda Unnes Islamic Fair 1435 H yang rutin diselenggarakan dalam setiap tahunnya.

Seminar yang dimulai pukul 08.30 WIB itu dibuka oleh Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unnes Prof Masrukhi. Dalam sambutannya Prof Masrukhi menyampaikan betapa pentingnya untuk memulai berwirausaha, namun disatu sisi, akadamik juga tidak boleh terlenakan.

“Sangat penting bagi mahasiswa untuk memulai berwirausaha. Unnes telah membuka banyak kesempatan bagi mahasiswa untuk memulai berwirausaha. Salah satunya melalui Unsec (Unnes Student Entrepreneurship). Di Unsec mahasiswa juga akan dibantu dalam permodalan untuk memulai usaha.” tutur Masrukhi.

Rahmat Kurniadi yang didaulat untuk menjadi pembicara seminar menyampaikan bahwa untuk memulai usaha tidak perlu proses berpikir yang terlalu panjang. Kuncinya adalah ‘action’, langsung mulai tindakan nyata untuk membuka usaha.

“Saya usaha bukan mulai dari yang gedhe, saya mulai usaha dari yang kecil, meskipun usaha – usaha tersebut sering kali mengalami gulung tikar. Namun, ketika gagal harus bangkit dan memulai usaha lagi. Itulah yang memungkinkan kita untuk lebih cepat mendapatkan kesuksesan.” tambah Rahmat.

(IBALH)

LEAVE A REPLY