SEMARANG, cahUnnes.com – Tidak diterima Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) bukan akhir segalanya. Masih ada gerbang lain untuk masuk perguruan tinggi negeri, salah satunya Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Pendaftaran online SBMPTN 2015 dibuka mulai hari ini, 11 Mei 2015 pukul 08.00 dan ditutup 29 Mei 2015 Jam 22.00.

Peserta SBMPTN 2015 merupakan siswa lulusan 2013 dan 2014 yang dibuktikan dengan ijazah. Sementara lulusan 2015 boleh mengikuti SBMPTN dengan syarat memiliki Surat keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.

Seperti halnya SNMPTN, peserta SBMPTN 2015 dapat memilih tiga kelompok ujian yaitu sains dan teknologi (saintek), sosial dan humaniora (soshum) dan kelompok campuran. Peserta dapat memilih maksimal tiga program studi (prodi) dengan ketentuan tertentu.

Jika memilih tiga prodi saintek, maka peserta mengikuti kelompok ujian saintek. Begitu juga dengan pilihan soshum. Namun, jika peserta memilih prodi saintek dan soshum, maka dia mengikuti kelompok ujian campuran.

Syarat pemilihan PTN juga sama dengan SNMPTN 2015. Jika hanya memilih satu prodi, maka bisa memilih prodi tersebut di kampus negeri mana pun. Tetapi jika memilih dua atau tiga prodi, maka satu kampus yang menjadi pilihan harus berada di wilayah ujian peserta.

Informasi pendaftaran secara lengkap silakan mengunjungi laman resmi SBMPTN 2015 di www.sbmptn.or.id.

Berikut kami ringkaskan langkah-langkah pendaftaran SBMPTN 2015 Online:

  1. Lengkapi persyaratan pendaftaran SBMPTN.
  2. Ujian hanya bisa diikuti oleh mereka yang lulus SMA minimal lulus 2 tahun yang lalu.
  3. Melakukan pendaftaran di situs resmi SBMPTN 2015 di http://pendaftaran.sbmptn.or.id. Pendaftaran dibuka tanggal 11 Mei 2015 pukul 08.00 WIB dan ditutup tanggal 29 Mei 2015 jam 22.00 WIB.
  4. Peserta harus memilih kampus atau universitas mana yang diinginkan dan pilih juga program studi apa yang akan dimasuki. Dengan pendaftaran online SBMPTN 2015 ini maka peserta diberikan kesempatan untuk memilih kampus yang diinginkan dengan pilihan dua program studi yang berbeda, yang mana 1 kampus harus sesuai dengan wilayah SMA peserta.
  5. Peserta harus mengikuti ujian tertulis. Dimana nantinya dalam ujian tertulis ini peserta akan diberikan 3 model soal, yaitu tes kemampuan dan potensi akademik, kemampuan dasar sains dan teknologi serta kemampuan dasar sosial dan humaniora.
  6. Setelah ujian tertulis SBMPTN, peserta juga harus melakukan tes ketrampilan. Ujian ini hanya dilakukan bagi mereka yang menginginkan kuliah di jurusan seni dan olah raga.
  7. Membayar biaya pendaftaran Rp. 100.000
  8. Setelah melakukan Pendaftaran Online SBMPTN 2015 selanjutnya melakukan ujian tertulis tanggal 9 Juni 2015 dan hasil seleksinya akan diumumkan pada tanggal 9 Juli 2015.

(Bukhori)

LEAVE A REPLY