cahUnnes.com Rangkaian panjang peringatan Dies Natalis ke-49 Universitas Negeri Semarang (Unnes) dibuka, Rabu (29/1), di lapangan atletik Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK). Pembukaan ditandai dengan pelepasan 49 burung oleh Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman, para pembantu rektor, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Tengah Nurhadi Amiyanto, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, dan para tamu undangan.

“Pemilihan jumlah burung yang dilepaskan disesuaikan dengan angka ulang tahun Unnes, yang pada tahun ini genap berusia 49 tahun,” kata Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) yang juga Ketua Panitia Dies Natalis Ke-49 Unnes, Dr Subagyo MPd.

Setelah pelepasan burung, seluruh civitas akademika secara bersama-sama mengikuti senam konservasi, jalan sehat, parade budaya, bazar, kemudian dilanjutkan pembagian.

Tari Gatra Nirmala, yang dibawakan 160 penari, juga meramaikan acara yang pada tahun ini mengusung tema “Konservasi, Harmoni!” itu.

Menurut sutradara pementasan tari, Bintang Hanggoro Putra MHum, tarian yang melibatkan 100 penari perempuan, 60 laki-laki, dan 15 pengiring itu, berkisah tentang keberagaman yang ada di Universitas Konservasi.

Dalam sambutannya, Rektor mengingatkan keluarga besar Unnes untuk meneguhkan visi konservasi. “Visi ini harus senantiasa menjiwai setiap aktivitas kita dalam pengembangan tridarma perguruan tinggi,” katanya.

Karena itu, lanjut Prof Fathur, tidak boleh ada satu pun kegiatan yang dikembangkan oleh warga universitas jika itu bertentangan dengan nilai-nilai konservasi. “Saatnya pula kita menjadikan visi ini berguna bagi negeri yang kita cintai,” katanya.

Sumber : Unnes.ac.id

LEAVE A REPLY