cahUnnes.com – Fakta telah membuktikan bahwa anak negeri mampu meraih segudang prestasi membanggakan dari berbagai macam bidang bergengsi. Salah satunya seperti yang diraih oleh Tim Mahasiswa Universitas Jember, Jawa Timur yang tergabung dalam “Titen GX-V”. Baru saja mereka meraih gelar Juara Umum 1 Kompetisi Mobil Listrik Nasional di Politeknik Negeri Bandung pada 25-27 Oktober yang lalu. Dari 4 kriteria yang dilombakan, kategori percepatan mobil, pengereman, efisiensi energi, dan kategori kecepatan kendaraan (mobil listrik), Tim ini memiliki catatan dengan nilai yang memuaskan.

Desain mobil yang sederhan dan berat mobil yang cukup ringan, membuat mobil listrik milik Tim Titen GX-V mampu melaju dengan kecepatan maksimal 50-60 km/jam dan mampu menempuh jarak 60 km dengan baterai penuh. Adapun berat mobil tersebut sekitar 140 kg dengan power 1000 Watt.

“Saya bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada teman-teman semuanya karena telah menjadi juara umum, harapan saya ke depan tim mampu mempertahankan gelar yang sudah diraih,” ujar Rektor Universitas Jember, Mohammad Hasan, Kamis (31/10)

Satriyo Budi Utomo selaku Pembimbing Tim menjelaskan bahwa Mobil listrik tim Titen GX-V memiliki nilai efisiensi tenaga yang cukup tinggi. Karena dalam perlombaan 10 lap (7,5 kilometer) hanya membutuhkan daya 108 Watt. Jauh lebih efisien dari tim lain yang membutuhkan daya sekitar 200 Watt untuk 10 lap.

“Persiapan serta kerja keras anak – anak terjawab dengan buah manis. Dari empat kategori yang dilombakan, tim kami meraih 3 gelar. Kategori percepatan dan pengereman meraih juara 1, kategori efisiensi tenaga dan kecapatan mendapatkan juara 2. Namun, secara keseluruhan dalam semua kategori, tim kami tampil sebagai Juara Umum 1,” Satriyo menambahkan seraya bangga. (IBALH)

LEAVE A REPLY