Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tengah digandrungi oleh para pemburu beasiswa. Sebab, beasiswa yang dikelola oleh Kementerian Keuangan itu cukup lengkap dalam memfasilitasi para penerima beasiswa yang lolos. Namun persaingan tentunya semakin ketat. Perlu strategi khusus untuk dapat lolos beasiswa ini.

Baca juga: Format Surat Rekomendasi Beasiswa LPDP

Banyak para pemburu beasiswa (shcolarship hunter) yang bertanya-tanya seputar tahapan seleksi beasiswa LPDP. Bagaimana proses seleksi administrasi dan seleksi substansi hingga akhirnya dinyatakan lolos sebagai pemegang beasiswa? Berikut kami uraikan beberapa tahapan seleksi beasiswa LPDP.

Tiga Tahapan Seleksi Beasiswa LPDP

Secara umum, sejak 2017, tahapan seleksi beasiswa dibagi ke dalam tiga tahapan yaitu seleksi adminstrasi, tes assessment online, dan seleksi substansi. Lalu apa saja yang harus disiapkan dalam setiap tahapannya?

Seleksi Administrasi

Pada tahap ini kamu harus mempersiapkan seluruh berkas yang diminta LPDP. Kurang lebih ada sekira 16-21 berkas yang dibutuhkan, tergantung kategori beasiswa yang diajukan apakah itu beasiswa LPDP Reguler, LPDP Afirmasi, LPDP Presidensial, dan LPDP BIT. Namun sebelum fokus pada semua berkas tersebut, yang pertama perlu kamu lakukan adalah buat akun LPDP.

Baca juga: Tips Lolos Seleksi Administrasi Beasiswa LPDP

Caranya, buka website LPDP dan langsung daftar. Akun LPDP ini akan berfungsi sebagai verifikasi awal. Jika tidak punya akun LPDP maka tidak dapat melakukan pendaftaran beasiswa LPDP. Setelah itu, kamu wajib mengunduh booklet LPDP sesuai jenis beasiswa LPDP yang diinginkan. Booklet tersebut merupakan panduan untuk mengikuti semua proses seleksi LPDP dan berkas apa saja yang harus disiapkan. Untuk lebih jelas, silakan baca juga: Tips Lolos Seleksi Adminisitrasi Beasiswa LPDP.

Seleksi Assessment Online

Tes ini merupakan rangkaian tes baru yang ditambahkan dalam tahapan seleksi LPDP sejak 2017. Hal ini berdasarkan pertimbangan bahwa banyak dari awardee LPDP yang gagal secara mental dan akademik setelah berada di zona barunya. Sehingga, LPDP perlu lebih ketat menyeleksi para calon arwardee yang tidak hanya cerdas namun juga cakap secara mental dan bisa survive di zona barunya.

Baca juga: Tips Lolos Assessment Online Beasiswa LPDP

Seleksi assessment online ini sangat menentukan kelulusan kamu ke tahap seleksi substansi. Sehingga, tahapan seleksi ini perlu diseriusi dan jangan dianggap sepele. Sebagai gambaran umum, format assessment online ini mirip dengan psikotes, sehingga yang dicari adalah jati diri kamu.

Seleksi Substansi

Seleksi substansi secara umum dibagi ke dalam empat tahapan yaitu:

a. Verifikasi seluruh berkas asli yang kamu ajukan pada tahapan seleksi administrasi. Jadi, jangan pernah kamu masukkan berkas palsu dalam tahapan seleksi administrasi. Kamu akan didiskualifikasi jika ketahuan memalsukan dokumen.

b. Menulis essay on the spot. Tahapan ini berkaitan erat dengan informasi terbaru dan terhangat. Cara terbaik untuk lolos essay on the spot adalah memantau informasi dan isu terkini serta perbanyak latihan menulis tematik sesuai informasi atau isu yang berkembang.

Baca juga: Tips Cerdas Agar Lolos Seleksi Esai Beasiswa LPDP

c. Leaderless Group Discussion (LGD). Seleksi ini sama rumitnya dengan essay on the spot lantaran para peserta seleksi LPDP tidak pernah tahu isu apa yang akan didiskusikan nanti pada saat LGD dan LPDP tidak memberikan kisi-kisi apapun. Cara terbaik adalah memantau perkembangan informasi dan membuat pemetaan informasi secara konstruktif dan sistematis. Semakin baik pemahaman suatu isu, semakin baik performa kamu pada saat LGD.

d. Terakhir, tentu saja seleksi wawancara. Bobot penilai dari tahapan pamungkas ini sangatlah besar di antara setiap seleksi. Meskipun kamu sangat performing di tahapan seleksi sebelumnya, kamu bisa saja terjungkal di seleksi wawancara dan dinyatakan gagal sebagai awardee. Untuk itu, persiapan wawancara tidak boleh main-main apalagi menganggap sepele. Upayakan kamu bisa melakukan simulasi wawancara dengan teman seputar pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan nantinya.

LEAVE A REPLY