Sebagai generasi muda masa kini tentu harus siap menghadapi tantangan jaman. Di tahun 2017 hingga saat ini banyak perkembangan di sosial ekonomi masyarakat. Saat ini era disrupsi menjadi gerbang milenial yang nyata. Perkembangannya sudah terlihat terutama dibidang ekonomi yang banyak mengalami perubahan.

Menghadapi era disrupsi, dunia pendidikan terutama perguruan tinggi harus mempersiapkan pendidikan yang sesuai. Keseuaian tersebut ditujukan pada out put yang ingin dicapai. Mulai  berpikir bagaimana out put yang dihasilkan nanti. Akan seperti apa generasi lulusan S1 sekarang? Hal tersebut tentu saja karena tidak semua lulusan S1 bisa bekerja di bidang yang sesuai.

Dilansir dari media Kompas.com Rhenald Kasali, guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI) mengatakan, disrupsi semakin hari semakin menguat. Hal ini sejalan dengan berkembangnya teknologi saat ini. Berdasarkan penjelasannya, hal ini menjadi salah satu alarm bagi dunia pendidikan agar ikut andil mempersiapkan segala sesuatunya.

Seiring dengan berjalannya era disrupsi, dunia pendidikan harus mampu berjalan selaras mengikuti perkembangannya. Salah satunya dunia pendidikan harus mampu mempersiapkan individu yang mandiri dan kreatif. Dalam hal ini, tidak  dipungkiri bahwa ekonomi sosial masyarakat akan menjadi follow up dari pendidikan yang sudah ditempuh.

Pada prakteknya, banyak hal yang harus dipersiapkan menghadapi era disrupsi di bidang pendidikan. Mulai dari pengembangan mata kuliah sampai pembuatan program-program kampus yang mampu meningkaatkan kualitas mahasiswa. Perguruan tinggi saat ini sudah seharusnya kembali menata perannya dalam mendidik individu. Hal ini menjadi acuan, mengingat perguruan tinggi merupakan sarana pengajaran, pembentukkan pendidikan karakter, serta pengembangan keilmuan.

Oleh: Fuji Astuti (Mahasiswi Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP 2015)

LEAVE A REPLY