Mahasiswa Unnes Persembahkan Emas dalam Kejuaraan Wushu Dunia

Mahasiswa Unnes Persembahkan Emas dalam Kejuaraan Wushu Dunia

SEMARANG, cahUnnes.com – Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) Yusuf Widiyanto berhasil menorehkan prestasi membanggakan dalam kancah dunia. Baru-baru ini mahasiswa jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Unnes menyumbang medali emas dalam kejuaraan dunia Wushu 2015.

Yusuf meraih emas dari nomor sanda (tarung) setelah menang dengan skor 2-1 atas atlet asal Vietnam, Van Bau To, di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (18/11).

Kejuaraan Dunia Wushu Dunia 2015 menjadi kali pertama atlet asal Jawa Tengah itu terjun di level senior. Sebelumnya, Yusuf pernah menyabet medali perunggu di kejuaraan dunia level junior di Makau.

“Terus terang saya tidak menyangka bisa meraih emas. Apalagi ini pertama kali saya main di level senior,” ucap atlet berusia 21 tahun itu usai pengalungan medali.

Yusuf harus berjuang keras menjalani pertandingannya. Ia sempat mengalami ketertinggalan poin pada ronde pertama. Namun, Yusuf langsung memperbaiki penampilannya dan berbalik unggul dari lawan.

“Saya menerima koreksi dari pelatih agar memperbanyak tendangan sehingga bisa lebih maksimal. Dukungan suporter juga membuat saya semakin termotivasi,” ungkapnya.

Menurut Yusuf, performanya saat bertanding sangat dipengaruhi proses latihan. Selain itu, ia berusaha agar memiliki kekuatan mental menghadapi berbagai situasi.

“Kunci juara adalah dengan latihan rutin. Karena latihannya juga berat, jadi saya tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Biarpun pada pertandingan sebelumnya atlet Indonesia mengalami kekalahan di final, saya tidak down, justru termotivasi,” sambungnya.

Yusuf mengungkapkan medali emas itu ia persembahkan untuk Unnes dan Jawa Tengah, serta tentunya untuk Indonesia. “Semoga prestasi ini bisa memotivasi atlet junior agar Indonesia terus berprestasi,” pungkasnya.

IMAM

LEAVE A REPLY