SEMARANG, cahUnnes.com – Gelisah dengan menurunnya minat baca di Indonesia, mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro (Undip) mengadakan kegiatan “Read Know Share” di kampus Undip, Jumat (25/4). Kegiatan yang diselenggarakan bersamaan dengan Car Free Day Hari Bumi itu juga dilakukan penggalangan buku layak baca kotak buku yang disediakan.

Ketua Panitia “Read Know Share”, Septi mengatakan kegiatan tersebut untuk mengingatkan pentingnya minat baca yang sekarang semakin menurun di Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan Indonesia menempati peringkat 39 dari 41 negara.

“Kondisi ini sangatlah memprihatinkan dikarenakan bangsa ini menempati peringkat 3 terbawah. Untuk itu marilah kita meningkatkan minat baca kita agar tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain, karena dengan membaca akan menambah pengetahuan dan kreativitas kita” katanya, dilansir Undip.ac.id.

Kotak donator buku, lanjutnya, disediakan di setiap Fakultas di Undip. Jadi seluruh mahasiswa bisa terlibat untuk mensukseskan kampanye buku ini. Para mahasiswa fakultas lain pun menyambut dengan baik adanya kegiatan Read Know Share ini.

“Diharapkan seluruh mahasiswa mau mendonasikan bukunya yang sudah tidak dipakai dan masih layak dibaca untuk dimasukkan ke dalam kotak buku,” ungkapnya.

Dalam kampanye Read Know Share itu turut hadir pula delegasi jurusan – jurusan se-Fakultas Ilmu Budaya Undip, Rektor beserta jajaran dan mahasiswa fakultas lain di Undip.

Rencananya kegiatan Read Know Share ini akan berlanjut hingga tanggal 19 Mei 2014 yang bertepatan dengan Hari Buku Nasional.

(Imam)

LEAVE A REPLY