Menjadi cerdas merupakan sebuah pilihan bagi setiap individu. Namun karena kebanyakan mindsite yang dibangun masyarakat bahwa cerdas itu selalu berkaitan dengan factor genetic, maka kebanyakan kita tidak pernah menyadari bahwa kita memiliki potensi  itu. Begitupun mahasiswa, sebagai motor dari roda peradaban sudah seyogyanya kita mulai menggali setiap potensi yang ada agar kita mampu menjadi mahasiswa yang cerdas.

Cerdas disini tidak hanya dalam bidang intelektual. Biarpun sudah menjadi rahasia umum bahwa mahasiswa MIPA, sangat dekat dengan hal yang berkaitan dengan science dan bersahabat dengan penelitian. Bahkan kadang kala kita tidak memasukkan karakter dalam daftar tadi. Padahal karakter seseorang akan sangat berpengaruh terhadap apa yang akan dia lakukan. Mahasiswa yang cerdas juga mampu menempatkan dirinya dalam segala situasi, peka terhadap lingkungan, peduli dan mau bergerak kearah perubahan yang lebih baik. Langkah selanjutnya bagaimana kita mengkolaborasikan hal tersebut, dari perbaiki karakter kita, kemampuan kita di bidang keilmiahan sampai di bidang sosial kita agar kita benar-benar menjadi mahasiswa cerdas seutuhnya, yang pada akhirnya juga mampu memberikan kontribusi bagi kebermanfaatan masyarakat luas.

Begitu mengasikkan bukan tugas seorang mahasiswa untuk peradaban? oleh karena itu mulailah dari sekarang, segeralah kita bangkit dan berjuang lebih dari biasanya. Jadilah mahasiswa yang cerdas dalam segala hal dengan karakter yang tidak diragukan. Mahasiswa yang penuh dengan prestasi dan prestasi. 

“Sebagian besar orang mengatakan bahwa kecerdasan lah yang melahirkan seorang ilmuwan besar. Mereka salah, karakter lah yang melahirkannya” (Albert Einstein)

Kita yakin bahwa kita adalah orang-orang yang disiapkan oleh zaman. Seyogyanya kita menjadi bagian dalam sebuah pembentukan karakter masyarakat. Bukti eksistensi kita dalam pembangunan, kita Generasi Baru. Karena Kita dipilih zaman, menjadi Mahasiswa Cerdas …

#MahasiswaCerdasBerkarakter
#MenujuMIPAUber

Aziz Amrullah
Mahasiswa Pend. Kimia 2011

LEAVE A REPLY