Rumah Susun Mahasiswa (Rusunawa) adalah rumah susun yang diperuntukkan khusus bagi mahasiswa yang sedang menjalani kuliah. Universitas Negeri Semarang (Unnes) adalah salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang menyediakan fasilitas Rusunawa bagi mahasiswanya.

Lokasi Rusunawa Unnes

Dalam keberjalanannya Unnes telah memiliki Rusunawa yang terbagi menjadi tiga titik. Yakni Rusunawa Unnes, Rusunawa FIK Unnes, dan Rusunawa PGSD Ngaliyan.

Rusunawa Unnes hanya dikhususkan untuk mahasiswi Unnes. Biasanya mahasiswi yang tinggal di Rusunawa Unnes adalah mahasiswi penerima beasiswa Bidikmisi dan kurang mampu.

Lokasi Rusunawa Unnes terletak di Kelurahan Kalisegoro, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Untuk menuju kampus mahasiswi yang tinggal di Rusunawa Unnes biasanya naik angkutan umum, naik sepeda atau pun berjalan kaki. Hal ini karena lokasi yang relatif agak jauh dari kampus.

Sementara itu, Rusunawa FIK dikhususkan untuk mahasiswa. Lokasi Rusunawa Putra berada di dalam kampus. Sehingga mahasiswa yang tinggal di Rusunawa FIK cukup hanya berjalan kaki untuk mengikuti perkuliahan. Biasanya mahasiswa yang tinggal di Rusunawa Putra adalah penerima beasiswa Bidikmisi, Atlet berprestasi dan mahasiswa yang mengambil program tertentu.

Fasilitas Rusunawa Unnes

Rusunawa Unnes terdiri dari kamar-kamar yang terdiri dengan luas 4x5m. Satu kamar biasanya dihuni sekitar 3 sampai 4 orang mahasiswa. Sementara kamar mandi ada di luar kamar yang digunakan secara bersama-sama.

Syarat Masuk Rusunawa Unnes

Mahasiswa Unnes yang berminat untuk tinggal di Rusunawa dapat mendaftarkan diri dengan mengisi formulir yang telah disediakan pengelola, melengkapi pas foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar, foto kopi KTM/ KTP dan foto kopi sertifikat/ piagam. Karena yang diutamakan masuk rusunawa adalah mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi, mahasiswa kurang mampu dan mahasiswa berprestasi.

1 KOMENTAR

  1. kak kalo atlet putri bisa tinggal di rusunawa juga ngga? terus, mulai buka pendaftaran masuk rusunawa itu dibuka bulan apa? dan daftarnya kita harus ke rusunawa’nya langsung atau bisa daftar online? atau mungkin kalau kita booking kamar dulu gitu? mohon penjelasan’nya 🙂

LEAVE A REPLY