SEMARANG, cahUnnes.com – Kesempatan kuliah gratis di Universitas Negeri Semarang (Unnes) masih sangat terbuka. Tercatat, hingga hari keenam pendataran SNMPTN dibuka, baru ada sejumlah 107 pendaftar beasiswa Bidikmisi.

Padahal, setidaknya Unnes telah menyiapkan 1.900 paket beasiswa full study itu bagi mahasiswa berprestasi dari keluarga tidak mampu angkatan 2015.

Ketua Panitia SNMPTN Unnes Dr Sugianto mengungkapkan angka itu masih jauh dibandingkan dengan jumlah pendaftar Bidikmisi ke Unnes pada SNMPTN 2014 lalu.

“Tahun lalu pendaftar beasiswa Bidikmisi tercatat 15.029 orang,” ungkapnya Senin (18/2/2015).

Sugianto menjelaskan beasiswa Bidikmisi diperuntukkan bagi calon mahasiswa kurang mampu dalam hal ekonomi. Untuk itu, dia mengingatkan agar segera mendaftarkan diri bagi yang memenuhi syarat. Calon mahasiswa tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis.

Sugianto juga mengingatkan, SNMPTN masih akan berlangsung hingga 15 Maret 2015 mendatang. “Jika diterima, pendaftar Bidikmisi akan menerima beasiswa selama empat tahun atau delapan semester. Selama itu pula penerima akan terbebas dari segala biaya kuliah, bahkan setiap bulan mendapatkan bantuan biaya hidup Rp 600.000 per bulan,” kata Sugianto.

Hingga kini, lanjut dia, lebih dari 6.850 mahasiswa Unnes mengenyam pendidikan secara gratis dan mendapatkan bantuan biaya hidup tersebut per bulan dengan beasiswa Bidikmisi.

Dengan jumlah itu, Unnes tercatat sebagai perguruan tinggi dengan beasiswa Bidikmisi terbanyak se-Indonesia.

Dikemukakan pula, selain melalui SNMPTN, pendaftar juga bisa meraih beasiswa ini melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri Unnes yang lazim disebut SPMU. Meskipun demikian, lebih dari separuh kuota yang tersedia akan diambil lewat SNMPTN.

(IBALH)

LEAVE A REPLY