SALATIGA, cahUnnes.com – Ludika Riri Amanda, siswa kelas XI IPS SMA 1 Salatiga berhasil meraih medali emas Bidang Geografi Olimpiade Geografi dan Geosains yang digelar ITB Bandung, baru-baru ini. Lomba tersebut diadakan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB bekerja sama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG), dalam rangka Pekan Geospasial Nasional 2014 terkait Peringatan Hari Bumi.

Ratusan siswa SMA dari berbagai daerah di Tanah Air mendaftar dalam lomba tersebut. Proses seleksi berdasarkan nilai rapor siswa yang dikirim bersamaan dengan berkas pendafaran. Dari sekitar 300 pendaftar, panitia memilih 100 peserta dengan nilai rapor terbaik yang diundang ke ITB, mengikuti lomba yang berlangsung selama tiga hari. Ludika Riri Amanda lolos dalam seleksi administrasi 100 peserta. ”Setelah itu kami mengikuti berbagai tes tertulis, praktikum, multimedia, dan lainnya,” kata Ludika.

Sulit

Dia mengatakan, lomba kompetitif karena tingkat kesulitan cukup tinggi. Berbagai pengetahuan tentang geografi Indonesia dan dunia harus dikuasai siswa. Salah satu materi soal yang sulit adalah pengetahuan geopertanian dunia dan per­kembangannya, termasuk pengetahuan tentang tipikal geografi du­nia.

Ludika menjelaskan, kesukaannya pada pengetahuan geografi Indonesia dan dunia mempermudah menyelesaikan setiap tahapan tes yang harus dilalui.

Pada akhir kompetisi, putra dari purnawirawan TNI Nur Muklasin itu dinobatkan sebagai juara Bidang Geografi Olim­piade Geografi dan Geosains 2014. Dia meraih medali emas serta pia­gam penghargaan.

Kepala SMA 1 Salatiga, Dra Wah­yu Tri Astuti MPd mengung­kapkan rasa bangga, karena sis­wa­nya mampu meraih juara di kancah nasional di bidang pengetahuan so­sial (IPS). Selama ini lomba olim­pia­de tingkat nasional didominasi bi­dang IPA.

Sumber : Suara Merdeka

LEAVE A REPLY