cahUnnes.com – Secara resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014. Dalam jalur penerimaan tersebut, tersedia sekitar 140 ribu yang tersebar pada 64 perguruan tinggi negeri (PTN) di seluruh Indonesia.

“Tahun ini SBMPTN diikuti oleh 64 PTN. Bertambah dua dibandingkan pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), yakni IAIN Raden Fatah Palembang dan UIN Al Raniry Aceh,” ujar Ketua SBMPTN 2014 Ganjar Kurnia, di Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (21/3).

Ganjar menerangkan, para pendaftar SBMPTN 2014 tidak hanya para pelajar lulusan 2014. Para pelajar yang lulus Ujian Nasional (UN) pada 2012 dan 2013 juga diperkenankan mengikuti SBMPTN 2014.

“SBMPTN 2014 dapat diikuti oleh lulusan UN 2012 dan 2013. Sebab ada jenjang pendidikan menengah yang berlangsung selama empat tahun,” jelasnya.

Dia pun mengimbau kepada para pelajar yang berada di daerah pelosok agar tidak merasa khawatir untuk mendaftar SNMPTN. Sebab, lanjutnya, berbagai akses untuk mempermudah proses pendaftaran pelajar di daerah pelosok telah disediakan. Mulai dari jaringan internet maupun sistem pembayaran pendaftaran.

“Untuk memberi kelancaran dan kemudahan bagi masyarakat, para siswa yang berasal dari daerah dapat menggunakan ATM bersama dan fasilitas e-banking untuk proses pembayaran. Selain itu, mereka juga dapat membayar melalui kantor pos terdekat,” papar Ganjar.

Pendaftaran SBMPTN secara online akan digelar pada 12 Mei hingga 6 Juni 2014. Selain itu, pendaftaran online juga dapat dilakukan melalui Plasa Telkom dan PT Pos di seluruh Indonesia.

(Bicho/Okezone)

LEAVE A REPLY