BENGKULU, cahUnnes.com – Apa yang akan kamu lakukan setelah hari ini di wisuda? Mungkin kabar dari Bengkulu ini bisa menjadi inspirasi bagi para sarjana Universitas Negeri Semarang (Unnes) pasca dunia kampus.

Sejumlah alumni berbagai perguruan tinggi yang tergabung dalam Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan di Pedesaan (PSP3) menggelar pelatihan sablon untuk pemuda di desa Pagar Dewa, Kecamatan Kota Mana, Kabupaten Bengkulu Selatan, Senin (6/10/2014).

“Kegiatan ini berorientasi untuk menghilangkan hal – hal yang negatif pada pemuda, seperti pemakaian narkoba, minum – minuman keras dan juga perampokan,” kata Firman, fasilitator pelatihan.

Menurutnya kegiatan tersebut sangat membantu pemuda yang tidak memiliki kegiatan lain selain bertani kelapa sawit. Selain bertani kelapa sawit, pemuda desa Pagar Dewa tidak memiliki kegiatan tetap lainnya, karena kelapa sawit sifat pemanenannya musiman.

“Nantinya, mereka akan membuat tempat sablon sendiri sebagai mata pencaharian. Tempat sablon tersebut akan menerima orderan seperti kaos dan bendera,” ungkap Firman.

Firman berharap, pemuda yang mengikuti kegiatan tersebut dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan ekonomi kreatif. Selain itu, mereka juga dapat lebih aktif dan lebih produktif. (IBALH)

Gambar ilustrasi : Gobatak.com

LEAVE A REPLY