Kelas Berdasi Kirim Surat untuk Presiden

Kelas Berdasi Kirim Surat untuk Presiden

KENDAL, cahUnnes.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Semarang (KKN Unnes) bekerjasama dengan komunitas 9cm Indonesia sosialisasikan bahaya dan dampak asap rokok baik bagi perokok aktif maupun pasif. Kegiatan yang diberi nama “Kelas Berdasi” ini diikuti oleh siswa-siswi kelas 1-6 SD N 1 dan 2 Tamanrejo, Limbangan, Kabupaten Kendal.

“Kami ingin mereka dapat membiasakan diri hidup sehat tanpa rokok, dan siap tolak jadi target rokok,” tandas Anggota KKN Lokasi Unnes Aprilia Siska di lokasi kegiatan, Sabtu (26/11).

April yang juga aktif di komunitas 9cm Indonesia Regional Semarang itu juga mengajak para siswa membuat surat untuk Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Isi surat itu, lanjutnya, berisi keinginan dan harapan para siswa agar Indonesia bebas dari asap rokok.

“Saya terkejut ketika mendengar isi surat yang dibacakan siswa kelas 1 SD bernama Bagus. Dalam surat itu Bagus mengungkapkan keinginannya untuk menjadi Tentara Nasional Indonesia dan meminta presiden agar menjaga anak-anak generasi bangsa dari rokok,” ungkap mahasiswi Jurusan PG PAUD Unnes itu.

April menambahkan, sebagai bentuk apresiasi kepedulian anak-anak terhadap bahaya rokok dipilihlah Jagoan Sehat. Dalam kesempatan itu, mahasiswa KKN Lokasi Unnes juga mengajak siswa berjanji untuk menjauhi rokok, dan berani menasehati perokok untuk mematikan rokoknya.

Diakhir kegiatan mahasiswa KKN Unnes dan 9 CM indonesia memberikan kenang-kenangan kepada sekolah berupa poster yang bertuliskan “Mewujudkan Lingkungan Sekolah Bebas Asap Rokok dan Sekolahku Keren Karena Bebas dari Racun Rokok”.

“Harapannya poster tersebut mengingatkan kepada masyarakat sekolah untuk mempunyai kesadaran menjaga kesehatan lingkungan dari paparan racun rokok,” pungkas April.

(Balqis)

LEAVE A REPLY