SEMARANG, cahUnnes.com – Lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 tidak menjadi jaminan siswa akan terdaftar menjadi mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pilihan, Masih ada serangkaian tahap yang harus dipenuhi oleh peserta yang dinyatakan lolos seleksi.

Begitu juga bagi para calon mahasiswa yang diterima di Universitas Negeri Semarang (Unnes) melalui jalur SNMPTN. Calon mahasiswa diwajibkan untuk mengisi data pokok di laman http://datapokok.unnes.ac.id untuk menentukan besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Akun twitter resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Unnes, @bemkmunnes melansir panduan terkait registrasi dan pengisian data pokok agar tidak terjadi kebingungan dalam pengisian. Karena kesalahan dalam pengisian akan berdampak pada biaya kuliah.

“Untuk itu kami menghimbau agar cermat dan teliti dalam pengisian data dan dokumen. Sehingga biaya UKT akan sesuai dengan kondisi keluarga,” kicau akun twitter @bemkmunnes, Kamis (29/5/2014).

Berikut kami rangkumkan tahapan – tahapan yang harus dilakukan calon mahasiswa baru Unnes.

1. Calon mahasiswa baru diwajibkan untuk mengisi data diri dan dokumen lainnya secara online melalui laman http://datapokok.unnes.ac.id. Batas maksimal pengisian tanggal 5 Juni 2014.

2. Sebelum mengisi data pokok diharapkan mengunduh, membaca dan mencermati panduan registrasi dan pengisian data pokok yang tersedia.

3. Untuk Log in, isikan username berupa nomor peserta SNMPTN atau nama peserta. Adapun untuk password, silakan isikan tahun, bulan, dan tanggal lahir dengan format yyyymmdd (contoh : 19960125)

4. File yang perlu dipersiapkan antara lain : foto diri, scan rekening listrik, scan tagihan PAN dan telpon, scan pajak bumi dan bangunan, foto rumah tanpak depan, foto fasilitas mandi cuci kakus (MCK), dan scan slip gaji orang tua. Pastikan seluruh file dalam format .jpeg atau .png dengan kapasitas dibawah 100 kb.

5. Isikan data diri dan dokumen sesuai dengan kondisi yang sebenarnya untuk menentukan kategori Uang Kuliah Tunggal (UKT) sesuai kemampuan. Apabila ditemukan adanya ketidakjujuran dalam pengisian data pokok, maka akan dikenakan biaya UKT tertinggi, yakni Rp 5juta.

6. Pembayaran biaya pendidikan / UKT dilakukan mulai tanggal 12 s.d. 24 Juni 2014 melalui Bank BNI 1946, BRI dan BTN di seluruh Indonesia.

7. Setelah melunasi pembayaran, calon mahasiswa diwajibkan melakukan registrasi online mulai 12 s.d. 24 Juni 2014 di laman http://registrasi.unnes.ac.id.

8. Selanjutnya calon mahasiswa mencetak formulir registrasi dan surat pernyataan untuk menaati peraturan sebagai mahasiswa Unnes.

9. Calon mahasiswa baru wajib hadir pada acara pembekalan calon mahasiswa tanggal 17 Juni 2014 pukul 07.00 – 10.00 WIB di Auditorium Kampus Unnes Sekaran. Calon mahasiswa yang tidak hadir dalam pembekalan dianggap mengundurkan diri.

10. Dokumen wajib yang harus dibawa saat pembekalan yakni Surat Keterangan Lulus (SKL) asli, Kartu SNMPTN asli dan salinannya yang sudah dilegalisir.

11. Adapun untuk verifikasi data dokumen dan tes kesehatan, jadwal menyesuaikan fakultas masing – masing.

12. FIP dan FBS : Senin, 23 Juni 2014, Tes Kesehatan di Gedung Soegijono (FIK) dan Selasa, 24 Juni 2014, Verifikasi data dokumen di Auditorium Kampus Unnes Sekaran.

FIS, FMIPA dan FIK : Selasa, 24 Juni 2014, Tes Kesehatan di Gedung Soegijono (FIK) dan Rabu, 25 Juni 2014Verifikasi data dokumen di Auditorium Kampus Unnes Sekaran.

FE, FT dan FH : Rabu, 25 Juni 2014, Tes Kesehatan di Gedung Soegijono (FIK) dan Kamis, 26 Juni 2014,  Verifikasi data dokumen di Auditorium Kampus Unnes Sekaran.

(Bicho)

LEAVE A REPLY