cahUnnes.com – Wisuda baru selesai dilangsungkan beberapa waktu yang lalu. Sebagai lulusan Fresh Graduate terkadang merasa dilema ketika sampai saat ini masih nganggur di rumah.

Rupanya sebuah perusahaan mempunyai kekhawatiran jika si pencari kerja tidak mempunyai keterampilan yang berkontribusi pada perusahaannya. Tapi dari pada kamu bingung dan suntuk masih memikirkan pekerjaan yang tak kunjung datang. Ada beberapa hal kreatif yang bisa kamu lakukan untuk mengisi kekosongan tersebut.

Seperti yang terlansir dari laman Forbes (20/11), setidaknya ada delapan hal yang bisa dilakukan saat masih menganggur dan belum mendapat panggilan untuk bekerja.

Ambil kerja paruh waktu atau kontrak
Kuncinya adalah, melihat pekerjaan kamu dan melihat kemampuan yang dilakukan. Jika kamu melakukan pekerjaan untuk sementara atau kerja kontrak, siapa pun yang mempekerjakan kamu, mungkin akan merekomendasikan untuk posisi kerja tetap.

Kursus
Anda tidak pernah berhenti belajar dalam karier, sehingga kompetensi yang dimiliki semakin membaik. Ketika kamu kursus di bidang yang dikuasai, ini menunjukkan bahwa kamu juga serius tentang pekerjaan yang diminati dan juga mempunyai inisiatif. Keuntungan lain dalam kursus ini adalah jaringan besar untuk memperluas pergaulan.

Sukarelawan
Pekerjaan sukarela membuat kamu lebih berharga. Ketika menjadi sukarelawan untuk sesuatu hal, ceritakan aktivitasmu kepada si pewawancara secara pribadi. Hal ini menunjukkan bahwa kamu bersemangat tentang sesuatu dan peduli membantu orang lain sehingga mengesankan bahwa uang bukan hal yang paling penting. Ketika perusahaan mempekerjakan, mereka mencari tidak hanya sekadar bekerja, tetapi juga untuk orang-orang dengan karakter dan integritas.

Memulai bisnis sendiri
Memulai bisnis memang memakan waktu. Jika kamu memiliki sarana untuk melakukannya, itu akan menjadi pemasaran yang bagus. Keuntungan memiliki bisnis sendiri adalah dapat bekerja paruh waktu atau penuh waktu tergantung pekerjaannnya. Anda juga akan belajar keterampilan yang dapat ditularkan, sehingga juga bisa dipakai ketika bekerja untuk orang lain.

Mulai membuat blog
Sebuah blog dapat menjadi cara yang baik untuk memasarkan diri kamu kepada sebuah perusahaan. Mmenunjukkan kepada perusahaan untuk melihat kamu ahli di bidangnya. Selain itu, sampaikan passion kamu dan gali lah banyak pengetahuan. Perusahaan akan melihat potensi kamu sebagai orang yang mempunyai inisiatif selama mencari kerja melalui blog tentang sesuatu yang benar-benar kamu pedulikan tentang karier.

Ikuti berita terbaru seputar pekerjaan
Teknologi informasi, teknik, kesehatan, penjualan, dan layanan pelanggan adalah salah satu area untuk mempekerjakan orang secara nasional. Ikuti selalu berita terbaru mengenai sebuah lowongan pekerjaan.

Gunakan waktu untuk menuangkan ide
Apakah itu ide untuk kampanye pemasaran, aliran pendapatan baru maupun penghematan biaya. Setiap kandidat yang diwawancara dengan ide-ide tersebut menunjukkan bahwa mereka mempunyai passion, berpengetahuan, dan gembira mendapatkan kesempatan.

Membuat koneksi
Surat lamaran kerja langsung diserahkan kepada manajer perekrutan dari seseorang dalam perusahaan. Ini lebih mungkin untuk mendapatkan perhatian dengan membangun dan memperluas jaringan kontak melalui media sosial dan organisasi profesi. Biarkan teman-teman dan keluarga tahu bahwa kamu sedang mencari pekerjaan. Minta lah bantuan kepada mereka dalam menemukan koneksi ke organisasi yang membuatmu tertarik.  (Bicho)

LEAVE A REPLY