cahUnnes.com – Saat musim ujian tiba, aku dan kamu yang ngaku-ngaku sebagai mahasiswa mungkin akan cenderung menerapkan Sistem Kebut Semalam (SKS) dalam belajar. Padahal memang kenyataannya cara ini dijamin 100% tidak efektif dan pada akhirnya jika kita blunder akan membuat nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) akan terjun payung dari jurang. Weleh…

Setiap orang memang memiliki cara sendiri dalam belajar. Nih, kita kasih beberapa tips supaya belajar kamu lebih efektif.

Pencahayaan yang tepat
Belajar dalam ruangan dengan pencahayaan yang redup akan membuat mata Anda tegang sehingga mengurangi konsenterasi dalam belajar. Statistik mengatakan, sebesar 75 persen belajar dan fokus yang lebih baik jika berada di ruang cerah dengan sedikit gangguan.

Televisi
TV merupakan gangguan saat kita akan belajar. Maka, jauhkan diri dari TV maupun bentuk godaan hiburan lainnya yang dapat mengganggu konseterasi kita dalam belajar.

Istirahat sejenak
Anda tetap memerlukan relaksasi ketika belajar. Untuk itu, ambillah jeda sejenak untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran Anda. Namun, jangan terbuai istirahat terlalu lama sehingga lupa melanjutkan tujuan utama Anda.

Buatlah rencana
Selalu membuat rencana sebelum Anda mulai belajar. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah Anda menyelesaikan materi-materi yang lebih mudah terlebih dulu sebelum berlanjut ke materi yang lebih sulit. Dengan demikian, Anda dapat menghabiskan waktu yang berkualitas pada pelajaran sulit tanpa mengeluh.

Review
Ketika Anda selesai mempelajari satu halaman catatan Anda, lakukan review atas apa yang telah Anda baca sebelum melanjutkan ke halaman berikut. Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi pada halaman tersebut untuk melihat apakah Anda sudah ingat apa yang baru saja Anda pelajari.

Minta bantuan
Ketika menemukan materi perkuliahan yang sulit kita pahami, mintalah bantuan kepada mereka yang lebih paham, seperti teman, orangtua, kakak, maupun sang dosen.

Hari H
Saat hari ujian, baca sekilas catatan Anda untuk menyegarkan informasi yang telah tersimpan dalam memori otak Anda.

(Bicho)

LEAVE A REPLY